oleh

Persiapan Paskibraka Kotabaru Memasuki Tahap Pemantapan

SUARAMERDEKA.ID – Menjelang HUT Proklamasi RI yang ke – 74 2019, persiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Kotabaru (Paskibraka Kotabaru) sudah pada tahap pemantapan. Pada tahap ini mereka akan dilatih untuk mengaplikasikan latihan ke ujicoba di tempat sang Merah Putih akan dikibarkan.

Keseluruhan anggota paskibraka Kotabaru yang berjumlah 50 ini didapatkan dari hasil seleksi dari sekolah SLTA yang ada di 21 Kecamatan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil seleksi dari masing-masing sekolah kemudian dikirim ke kabupaten. Seleksi ini dilakukan oleh TNI Kodim 1004 dan dari TNI AL (Lanal) serta Polri (Polres Kotabaru). Mereka yang terpilih dikarantina dan menjalani latihan baik fisik maupun mental yang dilaksanakan di Siring Laut Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.

“Latihan yang dilaksanakan sudah mencapai 90 persen. Dan untuk pemantapan itu nantinya akan dilakukan di tempat umum. Jadi akan diaplikasikan ditempat medan yang sebenarnya. Yaitu dimana upacara peringatan hari Proklamasi 17 Agustus 2019,” kata salah satu Pelatih dari TNI Kodim 1004 Kotabaru, Senin (5/8/2019) di tempat latihan.

Baca Juga :  Penetapan Tapal Batas Desa di Pulau Laut Utara Tinggal Tunggu Perbup
Ia berharap pada saat Paskibraka Kotabaru melaksanakan tugas, tidak mengalami kesalahan. Sehingga proses pengibaran bendera berjalan dengan baik.
Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru (Kabid Kepemudaan Dispora Kotabaru) Fikri
Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru (Kabid Kepemudaan Dispora Kotabaru) Fikri

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Fikri menjelaskan bahwa anak-anak 50 orang dari berbagai SLTA ini benar-benar mendapat gemlengan dari Pelatih, baik fisik maupun mental. Ia juga memastikan, mereka yang mengikuti Paskibraka Kotabaru untuk 17 Agustus 2019 merupakan hasil seleksi, bukan titipan.

“Jadi untuk putra 30 siswa, sedangkan putri 20 siswi. Dimana anak yang dilatih ini ditempatkan di BPK. Masing-masing mempunyai asrama, baik putra begitu juga putri. Dan untuk putri sendiri, pihak panitia memberikan tugas pengawasan pada 2 orang Polwan dari Polres Kotabaru,” kata Fikri, Rabu (7/8/2019) di kantor Dispora Kotabaru.

Baca Juga :  Milad FKW Mahkota Berjalan Sederhana dan Khidmat

Lanjut Kabid Kepemudaan Dispora Kotabaru, keterlibatan pelatih “melekat” pada pengawasan yang ada. Pihak Dispora juga melakukan kerjasama dengan pihak Dishub Kotabaru untuk antar jemput anak-anak yang mengikuti latihan Paskibraka 17 Agustus 2019.

“Semua anak-anak dalam latihan ini juga mendapatkan pendidikan spritual untuk meningkatkan kualitas agama. Harapan terakhir, mudah-mudahan jangan sampai ada kesalahan dalam melaksanakan tugasnya sebagai Paskibraka Kotabaru. Semuanya harus dan wajib mampu, jangan sampai gagal dalam melakukan tugas yang sudah diberikan Pelatih. Ini perlu dicamkan baik-baik,” tutup Kabid Kepemudaan Dispora Kotabaru. (BDN)

Loading...

Baca Juga