oleh

BEM FH UIJ Pastikan Hadir di Konferwil Ismahi Jakarta

SUARAMERDEKA.ID – Kegiatan Konferensi Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Korwil Jakarta (konferwil Ismahi Jakarta) akan diselenggarakan di Aula Kampus Universitas Islam Jakarta (UIJ). Konferwil ini akan digelar selama 2 hari (14-15 Februari 2020). Dengan agenda utama pemilihan Koordinator Wilayah Ismahi Jakarta.

Konferrensi wilayah ini akan diikuti sekitar 60 lembaga mahasiswa, baik dari Fakultas Hukum maupun Syari’ah yang ada di Jakarta, dengan peserta diperkirakan mencapai 500 orang. Selain agenda utama pemilihan Koordinator Wilayah Ismahi Jakarta, pada hari pertama akan menggelar seminar nasional dan sarasehan nasional. Acara seminar nasional mengambil tema “Omnibus Law. Kepentingan Buruh atau Konglomerat dan Penguasa”.

Dalam seminar ini, Ismahi Jakarta akan menghadirkan narasumber dari pemerintah sebagai pembuat regulasi, akademisi sebagai pengkaji kebijakan dan organisasi buruh praktisi. Diantaranya, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta Teuku Saiful Bahri Johan. Dari sisi praktisi akan hadir perwakilan dari organisasi buruh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal dan Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992 Sunarti.

Sedangkan pada sarasehan nasional, akan mengambil tema “Quo Vadis Reformasi Hukum di Indonesia”. dengan Keynote Speaker Dr. Azis Syamsuddin selaku Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam. Sarasehan Nasional ini juga akan menghadirkan para alumni Ismahi yang saat ini telah menjadi tokoh nasional sebagai Narasumber. Diantaranya, Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Dr Aidul Fitriciada Azhari. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa, Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi Dr Zainal Arifin Mochtar, serta Komisioner Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Baca Juga :  Pernyataan Istana Menyatakan Orang China Bisa Menjadi Presiden Perlu Dikoreksi

Selain itu, rencana pembicara lain yang akan hadir adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nana Sudjana AS MM dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Komjen Pol Drs Firli Bahuri Msi.

Konferwil Ismahi Jakarta
Konferwil Ismahi Jakarta
Sejumlah Lembaga Mahasiswa baik Fakultas Hukum maupun Syari’ah juga telah menyatakan kesediaannya untuk hadir dan mensukseskan acara Konferwil Ismahi Jakarta. Diantaranya Arifudin perwakilan dari Universitas Islam Jakarta (UIJ). Ia memastikan diri akan hadir dalam acara yang akan digelar pada 14 – 15 Februari 2020 di Universitas Islam Jakarta tersebut.

“Saya pasti hadir di Konferwil Ismahi Jakarta nanti,” kata Ketua BEM FH UIJ saat dihubungi, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan, Ismahi bukanlah sebuah organisasi taktis. Dalam artian, sebuah organisasi yang baru didirikan untuk kepentingan sesaat. Ismahi sendiri telah didirikan pada tahun 4 Oktober 1982 di Malang. Organisasi ini mewadahi dan menyatukan perjuangan mahasiswa hukum seluruh Indonesia.

Baca Juga :  JAKI dan Lambang Kemanusiaan Internasionalnya

“Kualitas alumni Ismahi tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, sebagian besar senior menduduki posisi penting, seperti beberapa orang yang akan menjadi narasumber dari sarasehan dan seminar nasional nanti. Karena itu saya akan datang dan ikut mensukseskan konferwil Ismahi Jakarta,” ujar Arifudin.

Ia menambahkan, yang tidak kalah pentingnya dari keseluruhan acara tersebut adalah pemilihan Koordinator Wilayah Ismahi Jakarta. Arifudin mengakui bahwa beberapa tahun ini Ismahi ini sempat vakum. Dengan dipilihnya koordinator wilayah baru, maka otomatis Ismahi Jakarta mempunyai nahkoda baru yang akan membawa kapal Ismahi Jakarta kembali berlayar.

‘Saya berharap Korwil terpilih nanti adalah Korwil yang mampu menjaga amanah dari anggotanya. Siapapun yang terpilih, saya berharap mampu membawa Ismahi Jakarta eksis kembali dalam menyikapi kebijakan dan Isu-isu Nasional yang ada. Menjadi ujung tombak perjuangan mahasiswa hukum yang ada di Jakarta,” tutupnya. (OSY)

Loading...