oleh

Kunjungan ke Banyuwangi Meningkat, PT KAI Buka Relasi Baru Malang, Jakarta, dan Bandung

SUARAMERDEKA.ID – Meningkatnya kunjungan ke Banyuwangi membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero segera membuka relasi baru, Malang, Jakarta, dan Bandung.

Hal ini terungkap saat Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Buntar Ris Wirawan, bersama jajaran saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi, Kamis (25/1/2024).

Buntar mengatakan untuk relasi baru Banyuwangi-Malang akan menggunakan kereta kelas eksekutif. Pembukaan rute ini sebagai respon atas tingginya animo penumpang terhadap rute Banyuwangi-Malang. Selama ini relasi Banyuwangi-Malang dilayani kelas ekonomi menggunakan kereta Tawang Alun.

Buntar mengatakan, selama ini animo masyarakat atas rute Banyuwangi–Malang sangat tinggi. Seperti saat libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2024 lalu, tiket untuk relasi ini selalu ludes diserbu penumpang. Bahkan tiket sudah sold out sejak pertengahan Desember 2023 hingga awal Januari 2024.

Baca Juga :  BMKG Respon Keresahan Masyarakat Pantai Selatan Jawa Soal Tsunami

“Inilah yang membuat kami sangat bersemangat menambah layanan. Ini tinggal menunggu turunnya izin tentang penambahan rute Banyuwangi-Malang dengan kelas eksekutif. Semoga semuanya lancar agar bisa beroperasi dalam 2 bulan ke depan.” kata Buntar.

Relasi Banyuwangi – Malang pp, kata Buntar, menggunakan set kereta baru.

“Hadirnya relasi baru dengan kelas eksekutif ini, harapannya semakin mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Inilah bentuk dukungan kami untuk kemajuan pariwisata di sini.” tambahnya.

Buntar menyebut, PT KAI juga tengah menyiapkan rute Banyuwangi-Jakarta PP. Rute ini rencananya akan dilayani menggunakan kereta Blambangan Ekspres yang saat ini sudah beroperasi rute Semarang-Banyuwangi.

“Kita akan extend Blambangan Ekspress. Kalau saat ini dari Ketapang (Banyuwangi) hanya sampai ke Semarang, rencananya akan diperpanjang menuju Jakarta. Sudah kita usulkan ke pusat. Semoga Februari (izin-red) sudah keluar sehingga lebaran sudah jalan.” terang Buntar.

Baca Juga :  Papua Terluka Dalam Nestapa. Opini Natalius Pigai

Lanjut Buntar, PT KAI juga sedang mengkaji potensi pembukaan rute Banyuwangi-Bandung melewati Surabaya. “Ini masih kita kaji. Jika prospeknya bagus, segera kita usulkan.” tambahnya.

Sementara Bupati Ipuk menyambut baik rencana pembukaan rute baru tersebut. Ipuk berharap, rute-rute lain dari Banyuwangi menuju kota-kota besar lainnya bisa dipertimbangkan.

“Semakin banyak rute dan kelas yang ditawarkan, akan mempermudah aksesibilitas masyarakat menuju Banyuwangi. Harapannya ini bisa semakin mendongkrak kunjungan wisatawan kami. Ujungnya juga berdampak pada kesejahteraan warga Banyuwangi,” kata Ipuk. (BUT).

Loading...