oleh

Pemerintah Diminta Lebih Meningkatkan Pembinaan Terhadap Koperasi

SUARAMEDEKA.ID – Satu Ketua Koperasi skala nasional, I Dewa Bagus Putu Budha SE MM berharap pembinaan terhadap koperasi lebih ditingkatnya. Koperasi yang dibangun akan cepat berkembang, apalagi dipadu dengan kemauan, kemampuan dan semangat pengelola koperasi

Momentum peringatan Hari Koperasi pada 12 Juli di setiap tahun berimplikasi pada koperasi dari sisi perkembangan. Pasalnya koperasi yang dedikasinya dari, oleh dan untuk anggota itu sangat berdampak positif bagi perkembangan ekonomi terlebih bagi kalangan masyarakat Usaha Kecil Menengah (UKM).

Namun tak jarang juga berpendapat bahwa perkembangan positif koperasi terkadang masih disalahgunakan oleh sebagian oknum. Sehingga ada kesan Pemerintah lemah dalam memelototi pergerakan koperasi di tengah-tengah masyarakat.

“Saya kira jangan sepenuhnya menyalahkan Pemerintah yang telah mengeluarkan ijin terhadap koperasi. Karena ijin yang dikeluarkan telah dikaji. Tinggal pengelola koperasi itu sendiri untuk mengembangkannya,“ terang salah satu Ketua Koperasi skala nasional, I Dewa Bagus Putu Budha SE MM saat herbincang dengan suaramerdeka.id, di Bali, Jumat (12/7/2019).

Lanjut Dewa, kemajuan koperasi tergantung kemampuan dan kemauan pengelola koperasi untuk maju. Namun masalahnya, maju melalui apa? Sementara bagi koperasi yang baru berdiri di anjurkan untuk tidak bosan-bosan melakukan studi banding. Tujuannya agar SDM (sumber daya manusia) untuk pengelola koperasi, tujuannya menjadi handal dan profesional dalam mengelola koperasi.

“Hal demikian tergantung kemauan dan semangat pengelola koperasi agar koperasinya cepat berkembang,“ tambah mantan Ketua Dekopin Kota Denpasar.

Kita ber harap terhadap Pemerintah agar lebih meningkatkan pembinaan terhadap koperasi yang baru berdiri , dengan tujuan supaya tidak keluar dari jati diri koperasi. Dengan pembinaan yang intens tersebut otomatis koperasi yang di bangun akan cepat berkembang, apalagi di padu dengan kemauan, kemampuan dan semangat pengelola koperasi,” tambah Dewa dengan nada penuh harap. (Anwar/BUT)

Loading...

Baca Juga