oleh

Suratno : Bidang Dikmen Dispendik Banyuwangi Belum Melaporkan Hasil PPDB SMP

SUARAMERDEKA.ID – Viral tayangan berita Kadis Pendidikan Banyuwangi judul “Aneh, Kadis Pendidikan Belum Terima Laporan PPDB “edisi Rabu (15/11/2023) di suaramerdeka.id, banyak menuai sorotan netizen atau pembaca.

“Kok bisa hampir satu semester kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi belum mendapat laporan.

Kok bisa, kita (Banyuwangi) dunia pendidikan wajib belajar 9 untuk SD gencar gencarnya melakukan belajar merdeka, dan SMP di tuntut tehnis mekanisme pembelajaran profesional, Kadis masih belum menerima hasil PPDB tahun ajaran 2023 – 2024.

SMP Negeri dalam PPDB ogal ogalan dalam penerimaan siswa baru, melebihi rombel, Dinas Pendidikan tanpa mempedulikan nasib SMP swasta. Itu diantara komentar netizen atau pembaca di suaramerdeka.id.

Sementara Ketua LSM Suara Bangsa, Suyoto, akrab di sapa Mbah yoto mengatakan aneh bin ajaib anak didik baru, tahun ajaran 2023 – 2024 sudah hampir satu semester kadis Pendidikan belum tau data riil siswa baru wajib belajar 9 tahun, khususnya SMP

Baca Juga :  Warga Binaan Lapas Banyuwangi Diajari Jadi Barista Untuk Bekal Keterampilan Wirausaha

“Hal ini yang menjadi pertanyaan publik, kasi SMP nya kepala bidang menengah (Dikmen) kerjanya lamban atau pihak kepala SMP nya.

Q

Logika, tahun jaran baru siswa wajib belajar 9 tahun masuk, biasanya akhir bulan Agustus sudah masuk semua hasil PPDB tahun ajaran 2023-2024. Karena itu untuk acuan pelaporan dana BOS tahun 2024. Nggak logika bulan Nopember kepala Dinas belum memiliki data. Dan siswa sdh mndpt nomor induk siswa Nasional (NISN).”terang Mbah Yoto, Jum’at (17/11/2023).

Untuk meluruskan kebenaran kepada Dinas Pendidikan belum mendapat laporan PPDB 2023 – 2024 yang menurutnya sudah masuk, hanya saja masih di bidang Dikmen belum melaporkan ke Kadis, suaramerdeka.id menghubungi Kasi SMP, Didik Eko W, dengan nada dering tapi tidak tersambung, namun saat di WhatsApp menanyakan sejauh kebenaran terkait lambanya pelaporan PPDB pada kepala Dinas, menjawab Saya punya atas, tanya langsung ke Kabid saya.

Baca Juga :  Sejumlah 119.235 Keluarga di Banyuwangi, Terima Bansos PPKM Lavel 4

” Saya punya atasan, tanya aja ke atasan saya.” jawab Didik, singkat.

Di hari dan spasi waktu sama, Jum’at lepas istirahat kepala Bidang Dikmen, Alfian di hubungi dan WhatsApp untuk minta waktu konfirmasi hal tersebut, tidak menjawab dan tidak membalas.

Tahun Anggaran (TA) dengan tahun ajaran sekolah berbeda. Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota mana saja di bulan Nopember sudah ready hasil PPDB, masak Banyuwangi kata gori Kabupaten cekatan bisa tertinggal dengan Kabupaten/ Kota lain. (BUT).

Loading...