oleh

Hutan Pinus di Gunung Geulis Bantarkawung Terbakar

SUARAMERDEKA.ID – Kawasan Hutan pinus produksi Perhutani di Petak 37 G RPH Cikuning BKPH Bantarkawung, KPH Pekalongan Barat, masuk di wilayah Desa Jipang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Jumat siang (20/9/2019) terbakar.

Berdasarkan data di BKPH hutan yang Luas baku 3,6 ha. tanaman tahun 1972 dengan jenis tanaman pohon pinus, fungsi hutan Produksi dengan titik kordinat -7°,19343, 108, 9135, 137,6m

Salah seorang Mantri Kehutanan, Rukito mengatakan sumber informasi awal kejadian kebakaran dari petugas kepolisian teritorial di lapangan. Diduga dari perilaku masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan. Karena lama tidak turun hujan dan angin kencang, api dengan cepat membakar ke arah hutan yang penuh tumbuhan bawah kering.

Baca Juga :  Wajo Kembangkan Bank Sampah Wujudkan Sirkular Ekonomi Masyarakat

“Adapun kondisi yang terbakar sekitar 0,5 ha dengan jenis tanaman atau  vegetasi hutan tumbuhan bawah dan kerugian diperkirakan tujuh puluh lima ribu rupiah,pungkas “Rukito.

Camat Bantarkawung Eko Supriyanto yang turut serta memadamkan api,membenarkan kejadian tersebut.

“Kawasan hutan pinus di gunung Geulis yang ada Wisata dan terkenal dengan sebutan Gunung Geulis Learning Centre (GGLC-red) terbakar,” katanya.

Lanjutnya, kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Bantarkawung sendiri sudah 4 kali terjadi dalam bulan ini saja.

“Upaya pemadaman pun di lakukan secara manual dengan sistem gepyok (menggunakan batang/ranting pohon-red). Bersama Petugas Perhutani, TNI-POLRI, Trantibum, Pengelola Wisata GGLC dan Masyarakat di lokasi kejadian,” tandas Eko. (RMT)

Loading...

Baca Juga