oleh

Mulyanto: PKS Adalah Partai Kader, Tidak Bergantung Figur

SUARAMERDEKA.ID – Sekretaris Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto menegaskan bahwa PKS adalah partai kader yang tidak tergantung pada figur tertentu. PKS memliki sistem pembinaan kaderisasi secara berpola, bertahap dan berjenjang sehingga tidak perlu bergantung pada figur tertentu.

Demikian dikatakan Mulyanto dalam acara Training Orientasi Partai (PKS TOP) di Kecamatan Pinang Kota Tangerang Provinsi Banten, Minggu (8/12/2019). Ia menegaskan bahwa sejak awal PKS dibentuk menjadi partai kader, partai yang bertumpu pada kerja kolektif kader.

“PKS tidak bergantung pada figur. Tapi justru kerja kelompok yang terpadu ini akan melahirkan figur baru di tengah masyarakat,” kata Mulyanto.

Anggota Komisi VII DPR-RI ini mengingatkan, PKS adalah partai yang digerakan oleh kader berdasarkan visi-misi, program dan tujuan partai yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu setiap orang yang ingin bergabung menjadi kader PKS harus mengetahui hal penting tersebut.

Baca Juga :  PKS Desak Pemerintah Tambahi Subsidi Gas Melon dan Listrik
“Sebagai partai kader PKS memliki sistem pembinaan kaderisasi secara berpola, bertahap dan berjenjang. Melalui sistem pembinaan ini setiap kader diharapkan dapat tangguh dan militan untuk memperjuangkan berbagai agenda politik berdasarkan 3 garis utama perjuangan partai. Yaitu garis keislaman, garis keumatan, dan garis kebangsaan,” tegas Mulyanto.

Lanjut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, setiap kader PKS harus menghayati betul peran politik PKS tersebut. PKS harus menjadi contoh terdepan dalam pelaksanaan konsep partai Islam yang berkebangsaaan sekaligus berorientasi keumatan. Dengan mengedepankan konsep moderat semacam ini Mulyanto optimistis PKS dapat diterima masyarakat.

Sebagai partai kader PKS lebih independen, leluasa menyuarakan kepentingan masyarakat. Begitupun dalam hal pendanaan operasional partai. Semua ditunjang oleh sumbangan dan partisipasi kader,” tutur Mulyanto.

Baca Juga :  DPP FPI: Serangan Pada FPI Yogja Itu Tindakan Kriminal Terorganisir

Dengan sifat yang lebih independen inilah, Mulyanto menegaskan bahwa setiap kader PKS mempunyai kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan di partai. Ia kemudian menuturkan kriteria kader PKS yang berhak menduduki jabatan tertentu di partai.

“Mempunyai usia pembinaan yang cukup sebagai kader, mempunyai keahlian tertentu yang dibutuhkan dan berpengalaman mengelola struktur partai di jenjang tertentu,” tutup Sekretaris MPP PKS. (OSY)

Loading...

Baca Juga