oleh

Salah Satu Fungsi Khadimah Ummah Adalah Kebersamaan Ummat

SUARAMERDEKA – Salah satu fungsi Khadimah Ummah adalah kebersamaan ummat, dimana kebersamaan ummat bisa terwujud dengan kegiatan Porseni.

Demikian dikatakan oleh Camat Belawa, Jumat (21/12/2018), saat menjelaskan program Kemenag Wajo, Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Kegiatan ini berpusat di Belawa Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo. Rencananya kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21-25 Desember 2018 mendatang.

“Bumi Tosagenae siap menampung peserta Hari Amal Bhakti dengan tangan terbuka(masagena),” kata Camat Belawa.

Kegiatan ini diisi dengan kegiatan seni di malam hari seperti lomba kasidah dan beberapa lomba seni lainnya. Di siang hari hari ada pertandingan olahraga. Dengan motto “Siapa kita? Kita adalah Kementerian Agama”. Karena Kementerian agama hadir untuk memberi khadimah ummah (kebaikan untuk ummat).

“Setelah kegiatan Porseni di Belawa berakhir, nantinya masih ada kegiatan jalan sehat yang akan digelar di lapangan Merdeka Sengkang tanggal 29 Desember 2018. Jalan sehat ini akan diikuti oleh 5000 perserta. Jumlah ini menunjukkan prestasi dari silaturahmi yang kita galakkan,” ujar Camat Belawa.

Baca Juga :  Bupati Wajo Hadiri Reuni Akbar Ikatan Alumni WCC AKSE

Jalan sehat yang berlangsung akan berakhir di lapangan merdeka sebagai titik temu. Dimana perserta akan berkumpul untuk kegiatan door prize. Kegiatan ini disponsori oleh 3 Bank, yaitu Bank BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor. Setelah itu akan diadakan upacara penutupan hari amal bakti di lapangan merdeka Belawa tanggal 3/1/2019 mendatang.

Kementerian agama juga memiliki jati diri yang religius sebagaimana kegiatan safari sholat berjamaah yang pernah ada di Wajo. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap daerah-daerah tertentu yang mesjidnya kurang hidup sholat berjamaahnya. Mesjid itu akan didatangi beramai ramai oleh tim safari sholat berjamaah untuk sholat magrib dan isya secara berjamaah. Dan biasanya ada kegiatan tausiyah di antara dua sholat tersebut.

Baca Juga :  Bupati Wajo Buka Temu Teknis Pertanian

Demikian juga di waktu subuh biasanya setelah sholat subuh akan ada tausiyah yang diisi oleh tim safari diantaranya KH. Syamsul Bahri, Ust Idman dan H Hajid.

“Itulah kebiasaan baik yang pernah ada beberapa tahun yang lalu. Dan sepatutnyalah kita semua kembali menggalakkannya dengan penuh semangat. Siapa lagi kalau bukan kita, karena kita adalah Kementerian Agama.Sesuai dengan fungsinya, Khadimah Ummah,” (ASG)

Loading...

Baca Juga