oleh

Gubernur Jawa Tengah Tinjau Rest Area Tol Pejagan-Pemalang

SUARAMERDEKA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajaran Forkopimda Brebes meninjau Progres pembangunan Rest Area KM 260 B ruas tol Pejagan Brebes – Pemalang di Pabrik Gula ( PG ) Banjaratma Kabupaten Brebes Rabu sore ( 16/01/2019 )

Dari luas 10 Hektar Pabrik Gula tersebut yang 5 Hektarnya di manfaatkan untuk Rest Area. Pengerjaannya di laksanakan oleh Konsorsium BUMN. Rencananya pembangunan ini dijadwalkan rampung pengerjaanya Mei 2019 atau sebelum lebaran.

Menurut Gubernur Ganjar Pranowo, Rest Area sengaja di bangun di lahan tidur bekas Pabrik Gula ( PG ) Banjaratma bangunan cagar budaya. Guna mewadahi produk UMKM lokal Brebes dan sekitarnya.

“Ini juga untuk menampung aspirasi pengrajin telur asin dan penjual bawang merah Brebes. Yang sebelumnya mengeluhkan penurunan penjualan setelah adanya tol,” ucapnya.

Baca Juga :  Bawaslu Brebes Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Ganjar ingin, paling tidak ada 70 persen penjualan produk berasal dari UMKM lokal. Lebih lanjut di jelaskan, arsitektur bekas tungku pabrik dan ornamen pendukung lainya sengaja di biarkan alami. Guna menambah daya tarik pengguna tol untuk beristirahat melepas lelah di Rest Area tersebut. Mereka juga akan menyediakan stand berukuran kecil 2 x 2,5 meter sebanyak 64 buah dan 52 buah berukuran besar bagi para UMKM. Guna memasarkan hasil bumi maupun kerajinan.

Dono Prasojo, selaku Pimpro pembangunan menjelaskan lebih detail bangunan kepada Gubernur beserta rombongan.

“Bahwa Rest Area Tipe A ini di lengkapi dengan Fasilitas seperti masjid, SPBU, bengkel, klinik, taman bermain dan tempat parkir yang mampu menampung kendaraan kecil maupun berat” (RMT)

Loading...

Baca Juga