oleh

Bumdes Maju Berkah Raih Juara 1 di Bidang Pengelolaan Sampah

SUARAMERDEKA – Bumdes Maju Berkah Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Jawa Tengah dengan produk unggulannya pengolahan sampah organik dan anorganik menjadikanya juara 1 se-kabupaten Brebes. Pemberian predikat juara tersebut di serahkan langsung oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE di pendopo Brebes, Kamis (17/1/2019).

Direktur Bumdes Nasor kepada Suara Merdeka.id, Kamis siang (7/2/2019), membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan ini semua berkat dukungan warga masyarakat dan pemerintah Desa.

Sementara Kepala Unit Bank Sampah Cahaya Galuh (unit kerja Bumdes) Muhamad Ali Wilujeng yang menangani langsung pengolahan sampah menjelaskan, ini perjuangan yang memerlukan proses dan waktu yang lumayan lama.

“Dari jumlah 260 kepala keluarga, sampah tersebut diperoleh setiap pagi atau sore. Dengan bantuan beberapa anggota dan mengambilnya di depan rumah baik sampah organik ataupun anorganik,” kata kepala unit kerja Bumdes ini.

Baca Juga :  Labayk, Situs Media Sosial Dengan Nilai Islam Untuk Semua Agama

Lanjut Uje, dengan semboyan”Buang sampah jadi duit, Barang mubah jadi berkah”. Sehingga dapat meningkatkan warga tidak membuang sampah sembarangan. Dari 3 kwintal sampah organik dapat menghasilkan Pupuk Organik Cair ( POC )sebanyak 30 Liter. Adapun untuk sampah Anorganik berupa plastik di olah menjadi Paving blok atau Conblok.

“Dengan hasil yang di raihnya sekarang ini. Bumdes Maju Berkah mendapatkan kunjungan untuk Study Banding dari Desa Desa yang ada Kabupaten Brebes atau pun di luar Kabupaten Brebes, semisal Kota Purwokerto dan Kabupaten Tegal,” pungkasnya. (RMT)

Loading...

Baca Juga