oleh

Ahsanul Haq: Masjid Istiqlal Akan Menjadi Role Model Interaksi Digital Ummat

SUARAMERDEKA.ID – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Realestate Indonesia (REI) Ahsanul Haq meyakini, keberadaan masjid Istiqlal akan menjadi role model (panutan) pemberdayaan ekonomi ummat. Optimalisasi fungsi dan peran masjid ini sangat dimungkinkan mengingat potensi ekosistem ekonomi di kawasan tersebut.

Hal ini disampaikan Ahsanul Haq saat menjadi pembicara di webinar nasional “IstiqlalPreneurship dan Pemberdayaan Umat: Memperkuat Digitalisasi Ekosistem Usaha Berbasis Masjid”, Selasa (8/12/2020). Webinar tersebut diawali dengan mengelilingi kawasan untuk melihat potensi usaha Masjid Istiqlal.

Menurut Ahsanul Haq, ekosistem ekonomi masjid yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma Pasar Baru Jakarta Pusat ini sudah terbentuk. Masjid Istiqlal disebutnya sebagai masjid yang bisa terkoneksi dengan masyarakat dalam berbagai aktivitas.

Baca Juga :  Kivlan Zen Resmi Jadi Tersangka Dugaan Makar

“Potret ekosistem ekonomi Masjid Istiqlal dimulai dari area parkir. Di sini sudah ada data yang teridentifikasi melalui barcode. Transaksi belanja dengan e-money di lingkungan masjid. Kegiatan di ruang terbuka yang melahirkan interaksi dan merupakan fasilitas pertemuan kaum muda perintis bisnis start-up,” katanya saat dihubungi melalui pesan WA, Kamis (10/12/2020) malam.

Ia menuturkan, masjid adalah sebuah tempat untuk melakukan ibadah mahdhah (ibadah murni seorang hamba kepada Tuhan). Namun ia mengingatkan, masjid juga berfungsi untuk ibadah ghairu mahdhah (ibadah yang menyangkut urusan harta).

“Masjid sebagai sarana interaksi dan wadah kegiatan ibadah. Tidak hanya ibadah mahdhah, juga ibadah ghairu mahdhah. Seperti interaksi sosial, ekspresi budaya dan juga kegiatan ekonomi. Karena itu, masjid perlu konektivitas ekosistem di dalamnya,” tutur Ahsanul Haq.

Baca Juga :  Mau Tau Cara Menghapus File di WhatsApp Agar Memori Tidak Penuh, Ini Caranya

Ia meyakini, dengan melakukan digitalisasi, maka akan terjadi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan ummat. Bahkan Wasekjen DPP REI ini optimis, Masjid Istiqlal akan menjadi role model bagi masjid-masjid lain.

“Digitalisasi yang dilaksanakan Istiqlal akan menjadi role model interaksi digital ummat dalam berhablum minallah dan hablum minannas. Dengan tujuan peningkatan taraf kehidupan, kesejahteraan dan peningkatan kebahagiaan,” tutup Ahsanul Haq. (OSY)

Loading...

Baca Juga