oleh

Bupati Ipuk Keliling Gereja Cek Pengamanan Natal di Banyuwangi Bersama Forkopimda

SUARAMERDEKA.ID – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi meninjau pengamanan misa Natal di Banyuwangi, Sabtu malam (24/12/2022). Salah satunya di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Banyuwangi untuk melihat langsung proses pengamanan dalam pelaksanaan misa Natal 2022.

“Selamat merayakan Natal untuk seluruh warga yang merayakan. Pemerintah daerah ikut berbahagia  dengan datangnya hari besar semua umat beragama, termasuk Natal,” ucap Bupati Ipuk.

Tampak hadir Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Deddy Foury Millewa, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Kav. Eko Julianto Ramadan, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P). Anshori, Kabag Ops Kapolresta Banyuwangi Kompol. Agung Setyo Budi, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono. Mereka melakukan pemantauan langsung ke gereja.

“Kami melihat suasana perayaan natal di beberapa gereja. Semuanya aman, lancar, dan khidmat,” ucapnya lagi.

Perayaan Natal di GKJW Banyuwangi tersebut dihadiri hampir 700 jemaat. Perayaan natal di gereja ini juga cukup unik dengan sentuhan budaya lokal, selain jemaat yang mengenakan busana adat nusantara, juga ada hiburan wayang kulit.

Baca Juga :  Nikita Mirzani Viral, Disebut Lecehkan Agama Islam

Di hadapan para jemaat, Ipuk menitipkan doa untuk kesejahteraan Banyuwangi.

“Di sela doa bapak/ibu, mohon selipkan juga doa untuk Banyuwangi agar senantiasa aman dan sejahtera, masyarakatnya selalu guyub, rukun,” pinta Bupati Ipuk.

Usai meninjau pengamanan Natal di gereja, Ipuk bersama Forkopimda langsung menuju pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang untuk mengecek pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 yang ada di sana. Forkopimda memastikan arus kedatangan dan kepergian orang di pelabuhan ini terkendali.

“Kami ingin memastikan semuanya berjalan lancar. Baik yang merayakan Natal, maupun masyarakat yang ingin bepergian di momentum akhir tahun ini, semuanya aman dan nyaman,” ujar Ipuk dengan nada berharap.

Ditambahkan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, dalam pengamanan natal dan tahun baru 2023 ini pihaknya mempersiapkan 742 personil gabungan. Mereka terdiri 420 personel Polri, 90 personel TNI, serta 232 personel instansi terkait lainnya. Mereka disebar di sejumlah titik.

“Alhamdulillah, kondisi lalu lintas hingga saat ini cukup aman terkendali,” tegas Kapolresta.

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Anshori menambahkan, pihaknya juga melakukan pengamanan di wilayah perairan Selat Bali dengan menyiagakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi dan kapal-kapal kecil milik Satuan Polisi Air (Sat Polair).

Baca Juga :  SPRI Riau Akan Gelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan Berlisensi BNSP

“Selain itu juga ada BKO 1 heli dari Surabaya yang stand by hingga 26 Desember. Juga ada dua KRI, yakni KRI Pulau Raas dan KRI Soputan yang akan membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru di Banyuwangi,” ungkap Danlanal.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah menghadiri perayaan Natal di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Purwosari Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung. Perayaan Natal bersama ini diikuti sekitar 500 umat kristiani setempat.

“Terima kasih kepada umat Kristiani yang turut menjaga harmoni dan kekompakan di Banyuwangi. Selamat merayakan Natal, semoga kasih Tuhan selalu menyertai semua umat yang saat ini merayakan Natal,” kata Sugirah.

Malam perayaan Natal tersebut ditutup doa bersama yang dipimpin pendeta Trisulo Agus Widodo. “Semoga segala penyakit, penderitaan, dan kesusahan pergi dari negeri ini, khususnya Banyuwangi digantikan kedamaian dan bertkat dari yang Maha Kuasa,” ucap Pendeta Trisulo. (BUT)

Loading...