oleh

Diduga Kepala Desa Surakarta Selewengkan DD dan ADD 2017

SUARAMERDEKA.ID – Berdasarakan penuturan masyarakat setempat, diduga Kepala Desa Surakarta menggunak Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa ( ADD) tidak secara semestinya. Diduga terjadi beberapa perbedaan antara laporan dengan kenyataan di lapangan.

Sejak mulai dikucurkan pada tahun 2015 lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Desa mengelontor DD melalui APBN dan didukung ADD melalui APBD. Program ini bertujuan membangun desa demi mendorong kesejahteraan masyarakat desa.

Namun diduga tujuan itu tidak dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Surakarta, kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. Pasalnya anggaran-anggaran tersebut diduga dijadikan lahan untuk memperkaya diri sendiri (Korupsi) oleh Kepala Desa Surakarta.

Demikian dijelaskan oleh Kausar dan Hardianto, saat ditemui awak media di desa tersebut, Senin (5/8/2019). Mewakili masyarakat desa Surakarta mereka meminta aparat penegak hukum untuk dapat menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Saya atas nama masyarakat desa Surakarta meminta kepada aparat penegak hukum dapat segera turun tangan dalam segala permasalahan desa Surakarta ini. Sehingga dana-dana yang bersumber dari APBN dan APBD itu dapat tersalurkan dengan benar. Sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh masyarakat desa Surakarta. Karena kita semua tahu, dana desa (DD-red) dan Anggaran Dana Desa (ADD-red) itu untuk kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Kausar.

Menurut data dan keterangan yang dihimpun, kegiatan pembangunan siring pasang pada tahun 2017 yang menghabiskan anggaran Rp.427.596.000 sepanjang 1.648 meter. Namun hanya 1.300 meter saja yang dibangun. Kegiatan pembangunan sumur bor yang menghabiskan anggaran Rp.207.550.500 untuk pembangunan sebanyak 5 sumur bor, hanya 4 sumur bor yang ditemukan telah terbangun. Diduga satu sumur bor yang tidak dibangun adalah fiktif.

Diduga masih banyak lagi dana-dana yang difiktifkan. Sampai berita ini diturunkan, Kepala Desa Surakarta, Ekhmansyah belum dapat dikonfirmasi. (HRN)

Loading...

Baca Juga