oleh

Garuda Asia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-16 di Bahrain

SUARAMERDEKA.ID – Timnas sepak bola Indonesia U-16 (Garuda Asia) memastikan diri sebagai salah satu peserta putaran final Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung di Bahrain. Kepastian itu didapat setelah laga pamungkas Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2020 antara Timnas U-16 Indonesia vs China, Minggu (22/6/2019). Laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu berakhir imbang dengan skor 0-0.

Hasil tersebut membuat timnas U-16 China memastikan diri lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-16 2020. China menempati puncak klasemen Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2020 dengan raihan 7 poin. China unggul selisih gol (surplus 28) dibandingkan timnas U-16 Indonesia (surplus 26). Meski hanya berakhir di posisi kedua klasemen, Garuda Asia tetap lolos sebagai salah satu peringkat kedua terbaik. Berdasarkan format kelolosan, ada empat peringkat kedua terbaik dari 11 grup yang bertanding yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Perhitungan poin didasarkan dari hasil melawan tim peringkat pertama, ketiga, dan keempat dari masing-masing grup. Hal itu dikarenakan tak semua grup terdiri atas lima negara peserta. Dengan demikian, kemenangan telak Garuda Asia atas Kep. Mariana Utara tak diperhitungkan. Dengan raihan 7 poin dan surplus 12 gol, timnas U-16 Indonesia berada di posisi kedua pada klasemen runner-up terbaik. Indonesia bersama Yaman sama-sama mengoleksi 7 poin dan surplus 12 gol. Hanya, Garuda Asia kalah dalam produktivitas gol, 12-0 berbanding 14-2 milik Yaman. Uzbekistan dan Oman menjadi dua tim runner-up grup lain yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Keduanya juga mengumpulkan 7 poin.

Garuda Asia juga menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN), sedangkan Vietnam dan Thailand gagal menjadi salah satu runner-up terbaik karena hanya meraih 6 poin. Piala Asia U-16 2020 akan digelar pada 16 September – 3 Oktober tahun depan di Bahrain.

Berikut adalah peserta Piala Asia U-16 2020:

Tuan rumah: Bahrain
Juara grup: Tajikistan (A), India (B), Iran (C), Arab Saudi (D), Qatar (E), Uni Emirat Arab (F), China (G), Australia (H), Korea Utara (I), Jepang (J), Korea Selatan (K)
Runner-up terbaik:
Yaman (E),
Indonesia (G),
Uzbekistan (B),
Oman (D)

Piala AFC dimulai pada tahun 2004 sebagai kompetisi tingkat kedua yang berhubungan dengan Liga Champions AFC dimana 14 negara yang telah mengembangkan statusnya bersaing dalam kompetisi pertama dengan 18 tim yang ditunjuk. Grup A, B, C dimiliki oleh tim Asia Barat dan Asia Tengah sementara dua kelompok lainnya menjadi milik Asia Timur dan Asia Tenggara. Pemenang dan tiga runner up kemudian akan menuju tahap knock-out dimana hasilnya diacak untuk siapa yang akan bermain. (RNS/OSY)

Loading...

Baca Juga