oleh

Diduga Selewengkan APB Desa, Kepala Desa Tambakserang Mundur

SUARAMERDEKA.ID – Kepala Desa Tambakserang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Nurhadi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini disampaikan melalui surat pengunduran diri yang di tulis tangan di atas materai 6000..

Surat pengunduran diri di sampaikan oleh Sekretaris Desa Darto kepada Ketua ke BPD (Badan Permusywaratan Desa) Rizqi Rahmat Fauzi di Balai Desa Tambakserang, Kamis (23/5/2019). Surat tersebut selanjutnya akan di serahkan ke pemerintahan Kecamatan.

Pengunduran diri sebagai kelanjutan aksi damai warga Desa Tambakserang pada tanggal 2 Mei 2019. Warga mengatasnamakan FORMALISA (Forum Masyarakat Peduli Desa) dengan Koordinator, Usef Asikin. Mereka meminta 7 poin tuntutan kepada pemerintahan kecamatan dan pihak terkait di depan Pendopo Kecamatan Bantarkawung yang dihadiri sekitar 150 Orang.

Tuntutan tersebut antara lain mengusut tuntas dugaan penyalahgunaan APBDes Tambakserang tahun anggaran 2017, 2018 sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Silpa merupakan modus operandi kepala Desa karena ketahuan ada penyelewengan dana. Kembalikan kerugian keuangan negara yang diselewengkan oleh kepala Desa Tambakserang. Perbaiki jalan rusak akibat alat berat yang dibawa oleh kepala desa Tambakserang dan Kembalikan tanah aset desa yang dikuasai atau diperjualbelikan kepada masyarakat, serta mengundurkan diri dari jabatan kepala desa dengan diberi waktu 10 hari.

Kepala Desa Nurhadi saat di konfirmasi dikediamannya membenarkan dirinya mengundurkan diri.

“Keputusan ini diambil setelah berunding dengan pihak keluarga. Dan demi kenyamanan warga desa Tambakserang. Dengan legowo saya mengundurkan diri dari jabatan sebagai kepala desa Tambakserang,” kata Nurhadi.

Koordinator Aksi , Usef Asikin mengatakan meskipun Kepala Desa Nurhadi Mengundurkan diri, untuk proses hukumnya di serahkan sepenuhnya kepada pihak Penegak hukum.

Sementara itu, Kapolsek Bantarkawung Iptu Hasari, mengapresiasi warga desa Tambakserang selama kegiatan aksi berjalan damai. Selanjutnya ia berharap tidak ada masalah setelah diputuskannya pengunduran diri Kades. (RMT)

Loading...

Baca Juga