oleh

Selamat Berakhir Pekan Untuk Kemanusiaan Kita “Melawan Krisis Kemanusiaan 2022”

Selamat Berakhir Pekan Untuk Kemanusiaan Kita “Melawan Krisis Kemanusiaan 2022”

Oleh : Yudi Syamhudi Suyuti
Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional)

Tidak ada yang suka, pasangan hidupnya mati terbunuh oleh senjata, tidak ada yang tidak bersedih hati, ketika anaknya terkena ranjau hingga mematikan, tidak ada yang tidak kecewa ketika rumahnya dihujani bom atau terkena serangan rudal. Dan tentu, tidak ada yang merasakan kebebasan, ketika menjadi tawanan perang.

Oleh karena itu, di tahun 2022 ini, kita sudah harus memasuki tahun yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita harus menjadikan tahun ini, tahun kemanusiaan. Dan tentu kita harus memaksimalkan dialog dan mencari titik temu untuk suatu keadilan. Keadilan untuk menjadi Resolusi dari segala ancaman konflik global. Konflik di Natuna Utara dan Indo Pasifik menjadi ketegangan yang menjadi perhatian kita semua. Sebagai warga negara dan warga dunia.

Baca Juga :  Agum Gumelar Pimpin Bravo Cijantung Deklarasikan Jokowi-Ma'ruf

Tentu keadilan dunia harus tetap berbasis aturan-aturan dan penghormatan atas kedaulatan nasional. Juga tidak kalah penting kesetaraan antar sesama manusia, sesama bangsa dalam menjalani kehidupan termasuk dalam menjemput berkat-berkat dari Tuhan.

Tidak akan mungkin perdamaian tercapai, jika tanpa ada keadilan. Sedangkan keadilan hanya bisa tegak ketika prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan hidup dalam entitas kehidupan secara menyeluruh. Kemanusiaanlah yang membuat kita mencapai titik temu untuk keadilan. Dan kemanusiaan nasional hingga universal bangsa kita didasari oleh keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari dasar inilah semua kita capai dengan perjuangan. Dengan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita dituntun untuk menyayangi semua manusia dan semua mahluk apapun agamanya, alirannya bahkan kepada yang tidak beragama sekalipun. Karena keimanan kita menembus kasih sayang untuk semuanya secara universal.

Baca Juga :  Akan Muncul Gelombang Perlawanan Cerdas, Sebuah Opini Asyari Usman

Atas dasar itu kita bertindak untuk mencapai perdamaiaan.

Sehingga perang dunia ke 3 atau perang global dapat kita cegah, dan kita rubah menjadi kerjasama internasional. Saling bermanfaat dan saling mendapat berkah.

Selamat berakhir pekan untuk semuanya. Semoga kemanusiaan tegak dalam kehidupan kita semua dan kehidupan di dunia.

#SayaInginMenjadiOrangBaik

Loading...