oleh

Workshop Pembentukan Perwakilan Komnas HAM Papua Barat

SUARAMERDEKA.ID – Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari bekerjasama dengan Yayasan Tifa menyelenggarakan Workshop guna mendorong pembentukan kantor Perwakilan Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) di Provinsi Papua Barat. Workshop ini diselenggarakan pada tanggal 24 – 25 November 2020 di salah satu hotel di Manokwari Papua Barat.

Yan Warinussy menjelaskan salah satu pemateridalam workshop tersebut adalah Komisioner Komnas HAM RI Amiruddin Al Rahab. Ia membahas update pembentukan perwakilan Komnas HAM di Manokwari Papua Barat sejak tahun 2016.

Selain itu, ada pula pembicara dari Biro Pelaksana Otonomi Khusus Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Papua Barat. Materinya tentang peran dan dukungan Pemerintah Daerah bagi pembentukan kantor perwakilan Komnas HAM di Manokwari. Adapun dari LP3BH Manokwari berbicara tentang ruang lingkup kantor perwakilan Komnas HAM Papua Barat.

“Sedangkan peserta Workshop yang hadir berasal dari Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Teluk Wondama,” ujarnya di Manokwari, Rabu (25/11/2020).

Warinussy menyebut workshop ini sangat penting. Karena akan hadir lembaga resmi negara yang bertanggungjawab dalam konteks penegakan hukum HAM dan pendidikan HAM bagi rakyat di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat.

“Kehadiran perwakilan Komnas HAM juga bakal menjadi institusi resmi negara yang mampu mewadahi lahirnya indikator HAM dalam setiap pembuatan dan perancangan kebijakan nasional dan daerah di Tanah Papua, khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat,” tandas Warinussy. (OSB)

Loading...

Baca Juga