oleh

Sambut HJPNI, Syahbandar Muna Bersama Dinas dan Instansi Terkait, Bersihkan Laut dan Dermaga

SUARAMERDEKA.ID – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Perhubungan Nasional indonesia (HJPNI) yang jatuh pada 17 September 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Muna menyelenggarakan kegiatan pembersihan laut dan dan dermaga pelabuhan Raha, Kamis (12/9/2019).

Kegiatan yang dimotori Syahbandar Pelabuhan Nusantara Raha, dengan menggandeng Dinas perhubungan Kabupaten Muna, Pol Airut Polda Sultra, Polsek KP3 Pelabuhan Raha, Dinas BLH. Kabupaten Muna, Balai Karantina kabupaten Muna dan semua Agen pelayaran di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain membersihkan laut dan area dermaga, mereka juga membersihkan area sekitar Pelabuhan Nusantara Raha dan Pelabuhan Penyeberangan Laino.

Sambut HJPNI, Syahbandar Muna Bersama Dinas dan Instansi Terkait, Bersihkan Laut dan Dermaga

Ditemui di Kantor Syahbandar Pelabuhan Raha, koordinator kegiatan HJPNI La Ode Zamaludin, didampingi Hj. Alfia, kepada awak media menjelaskan tujuan kegiatan. Menurutnya kegiatan ini dilakukan karena adanya perintah langsung dari kementrian, dalam rangka menyambut HJPNI.

Baca Juga :  Dukcapil Muna Kehabisan Blangko dan Tinta, eKTP dari Kertas HVS

“Selain itu, pembersihan laut tersebut guna menghindari adanya sampah yang terlilit oleh baling-baling kapal. Sekaligus menjaga terjadinya kerusakan ekosistim laut. Yang disebabkan adanya sampah yang mengandung racun dan bakteri atau virus pada sampah yang dapat mematikan ekosistim laut,” kata La Ode Zamaludin.

Sambut HJPNI, Syahbandar Muna Bersama Dinas dan Instansi Terkait, Bersihkan Laut dan Dermaga

Sementara itu, Hj. Alfia menambahkan bahwa kegiatan pembersihan seperti ini sudah sering kali dilakukan. Namun baru kali ini melibatkan banyak pihak.

“Dan menjadi bukti bahwa dalam kegiatan ini ada sekitar 700 kg sampah yang telah kami kumpulkan. Dan dari 700 kilo tersebut, ada sekitar 70 sampai 80 kg adalah sampah laut. Yang juga dapat dijadikan catatan, bahwa kebersihan perairan Raha, masih dapat dinyatakan aman,” tutur wanita berhijab ini. (MAC)

Loading...

Baca Juga