oleh

Si Jago Merah Melahab Pintu Masuk Taman Wisata Alam Kawah Ijen

SUARAMERDEKA.ID – Si jago merah terbawa angin melahab Kawasan di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang terletak di Kabupaten Banyuwangi semakin menjadi. Api sebelumnya melahap sisi Widodaren, merangsek dan menghanguskan pintu masuk ke jalur pendakian TWA Kawah Ijen. Empat wisatawan lokal, tiga warga Kabupaten Jember, satu warga Malang, yang mendaki gunung Ranti telah di evakuasi tim SAR dengan kondisi selamat.

Dua sejoli hobbi pendaki gunung itu Lisa Miluana (19), Azzamylah (20) dan Fajar Sulaiman (20 ) asal Jember, sedang satu penaki lain, Thayib Hidayat pendaki lain, warga asal Malang. Keempatnya tercatat sebagai Mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) Jember.

“Tadi api hanya di sekitar Widodaren. Sekarang malah ke pintu masuk di belakang penjagaan TWA Kawah Ijen,” ujar Eka Muharram, Kepala Bidang Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Banyuwangi, Minggu (20/10/2019).

Eka menambahkan, saat ini ada dua sumber api berbeda. Yakni di Gunung Ranti dan di pintu masuk menuju pendakian TWA Kawah Ijen. Kedua sumber api itu diduga karena adanya pembukaan lahan di Bondowoso. Ditambah lagi badai yang ada di wilayah tersebut membuat api cepat menyambar.

Pihaknya mengaku sampai saat ini belum bisa melakukan pemadaman. Sebab wilayah yang terbakar sangat sulit untuk dijangkau. Upaya pemadaman sementara masih dilakukan secara manual dengan memukul-mukulkan api dengan dahan.

Baca Juga :  Pekerja Toko Bangunan Dicokok Polisi, Atas Tuduhan Mencuri

Sementara PMK mini juga dikerahkan memadamkan api di pinggir jalan dan area terjangkau. ” Peralatan sangat minim untuk memadamkan api yang besar seperti ini,” tambahnya.

Eka memastikan tidak ada satupun wisatawan yang melakukan pendakian di Gunung Ijen. Sebab BPBD dan beberapa stakeholders terkait sudah melakukan pengamanan dan menutup akses untuk pendakian Ijen.

“Pendakian sudah kami tutup. Tidak boleh ada yang naik sebelum ada pemberitahuan lebih lanjut,” pungkasnya.

Si Jago Merah Melahab Pintu Masuk Taman Wisata Alam Kawah Ijen
Isak tangis Lisa saat bertemua ibunya di tempat pos kesehatan Tamansari.

Sementara dua pasang sejoli yang terjebak di Gunung Rante berhasil di selamatkan. Tak hanya kebakaran hutan. Kawasan Wisata Ijen pun juga di terjang badai angin, akibat kebakaran dari Gunung Ranti, diduga sumber api dari pembukaan lahan di Bondowoso.

Baca Juga :  Banyuwangi Geger Video Asusila Siswi SMP Dengan Mahasiswa

Lisa, Dua dari pasangan sejoli menuturkan kalau dirinya ber empat naik Pukul 10.30 WIB.

“Saat itu sudah ada api, tapi bukan daerah Gunung Ranti,” tutur Lisa usai menjalani pemeriksaan kesehatan di rest Area tamansari.

Empat pendaki yang terjebak mengalami hari mencekam lebih 30 jam, hingga akhirnya mereka ditemukan dan diselamatkan tim SAR gabungan, Minggu (20/10/2019) sekitar pukul 10.24 WIB.

Menjelang diselamatkan, Lisa dan tiga temanya memanfaatkan cahaya senter yang dibawa untuk memberikan titik lokasi kepada relawan yang berada di leteng Gunung Ranti.

“Kita berempat bertahan dengan bekal seadanya, sembari menunggu pertolongan dari tim SAR,” ucap Lisa

Di tempat yang sama, Fajar Sulaiman mengatakan, kalau kita berempat ditemukan tim evakuasi di sekitar pos 3 Gunung Ranti. Pos 3 ini berada di area puncak Gunung Ranti.

“Kita bersyukur, terjebak kebakaran semua kondisi baik-baik saja. Pada hal kita semua kehabisan air. Semua dalam kondisi sehat, hanya satu teman tang lemas akibat kekurangan air,” terang Sulaiman. (BUT)

Loading...

Baca Juga