oleh

Relawan Jokowi Minta Presiden Tanggung Jawab Soal Gaduh Eks Kombatan ISIS

SUARAMERDEKA.ID – Ketua Umum Relawan Jokowi Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) Adi Kurniawan menilai wacana pemulangan 600 WNI Eks Kombatan ISIS yang dilontarkan Menteri Agama Fahrul Razi telah memunculkan kegaduhan di masyarakat. Ia meminta Jokowi sebagai presiden harus bertanggung jawab atas sikap menterinya.

Adi Kurniawan mengaku beberapa kelompok relawan pendukung Jokowi sepenuhnya menyalahkan Menag atas kegaduhan tersebut. Mereka bahkan mendesak presiden untuk memecat Fachrul Razi terkait wacana pemulangan 600 WNI Eks Kombatan ISIS.

“Menurut kami, Menteri itukan dipilih dan ditunjuk oleh presiden. Tentunya sebelum dipilih atau ditunjuk ya pasti sudah dikroscek latarbelakang beserta track recordnya. Bukan cuma menterinya aja yang disalahkan, Presiden juga harus bertanggung jawab karena sudah salah pilih menteri,” kata Ketua Baranusa, di Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Baca Juga :  Baranusa Minta Gaji Eksekutif dan Legislatif Dialihkan Untuk Lawan Corona

Lanjutnya, saat ini relawan Jokowi mempertanyakan keputusan Jokowi memilih Fachrul Razi menjadi menteri. Adi menjelaskan, soal susunan kabinet, relawan Jokowi meragukan ketegasan dan keberpihakan Jokowi selaku presiden. Ia melihat Jokowi lebih tunduk terhadap elit partai dan kelompok tertentu daripada relawannya.

“Presiden pilih menteri sesuai pesanan siapa? Pesanan dari rakyat atau pesanan dari kelompok tertentu? Kalo ada menteri yang tidak sepaham dengan pendukungnya, ya Presiden juga harus bertanggung jawab ketika salah pilih menteri,” tandasnya.

Ia mengingatkan, yang dibutuhkan Jokowi saat ini adalah relawan yang berani mengkritisi kebijakan yang dirasa tidak sesuai dengan visi misi pencalonan Jokowi sebagai presiden. Bukan relawan Jokowi yang akan melakukan apapun asal figurnya yang dipilih senang.

Baca Juga :  Mesin Bus Hino Catat Prestasi 1 Juta Kilometer Tanpa Turun Mesin

“Relawan yang kritis sangat dibutuhkan hari ini. Bukan relawan yang asal bapak senang. Relawan yang menjilat. Dan perlu diketahui bersama, bahwa Menteri Agama, Bapak Fahrul Razi itu adalah orangnya Luhut Binsar Panjaitan. Beliau juga salah satu petinggi di Bravo 5, organisasi relawan Jokowi bentukannya Luhut Binsar Panjaitan,” tegasnya. (OSY)

Loading...

Baca Juga