oleh

KUPP Nabire Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

SUARAMERDEKA – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan  Kelas III Nabire (KUPP Nabire), bekerjasama dengan pihak ASDP terkakit kelengkapan fasilitas pelayaran yang ada pada kapal. Fasilitas ini terkait dengan alat-alat keselamatan yang sesuai dengan jumlah sertifikasi penumpang. terutama menjelang Natal dan tahun baru.

Demikian disampaikan Kepala KUPP Nabire Jemmy Samori, (Rabu 28/11/2018) di KUPP Nabire. Saat ini ASDP mempunyai dua armada kapal yang siap melayani rute Nabire, Waropen, Serui dan Biak. Sebagai langkah untuk mengantisipasi arus mudik menjelang Natal dan tahun baru, KUPP Nabire meminta kepada pihak ASDP agar menambah satu trayek lagi. Ini untuk mengantisipasi kelonjakan penumpang menjelang Hari Raya.

“Kami dari UPP Nabire, antisipasi menjelang arus mudik Hari Raya, kami akan menyiapkan trayek baru. Yang biasanya satu minggu satu kali berangkat dari Nabire ke Serui, Waropen, Biak. Sekarang kami menambah satu minggu dua kali berangkat dengan Rute Nabire satu minggu dua kali berangkat ke Serui  ,Waropen dan Biak, Karena di kabupaten Nabire banyak saudara-saudara kita dari Serui, Waropen, Biak, yang berdomisili  di Nabire. Tentu pada Hari Raya, mereka akan kembali ke kampung halamannya,” ucap Kepala KUPP Nabire.

Jemmy menambahkan, Dirjen Perhubungan Laut telah memberikan rekomendasi tambahan dispensasi. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di hari Raya. Penambahan trayek tersebut menurutnya memang lazim terjadi  setiap akhir tahun.

Baca Juga :  Dua Wartawan Babak Belur Dihajar Oknum TNI Denzipur 12 Nabire

Biasanya untuk kapasitas, dari pengalaman, biasanya tidak melebihi dua kali lipat dari kapasitas kapal tersebut. Penambahan kapasitas biasanya tidak melebihi 10 persen. Jemmy memastikan penambahan kapasitas tersebut diimbangi dengan penambahan alat-alat keselamatan yang tersedia dalam kapal.

“Harapan kepada seluruh masyarakat pengguna jasa pelabuhan laut, kususnya di Teluk Cenderawasih. Marilah kita pakai fasilitas yang disiapkan pemerintah. Jaga bersama, turut kepada aturan yang ada. Karena keselamatan tidak ada tawar menawar. Keselamatan menyangkut dengan nyawa, nyawa sekali di kasih habis. nyawa bukan KTP habis masanya bisa diurus ulang di Kantor Distrik. Marilah kita jaga bersama fasilitas yang sudah di berikan pemerintah,” tutup Kepala KUPP Nabire. (JFS)

Loading...

Baca Juga