oleh

Balai Wilayah Sungai Papua Barat Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih

SUARAMERDEKA – Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat Elroy Koyari ST MT menyatakan rencana kedatangan Presiden di Kabupaten Sorong. Kedatangannya dalam rangka pembukaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada bulan April 2019.

Untuk kebutuhan pada bulan April tersebut, maka segala Infrastruktur sudah harus disiapkan. Seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan air bersih. Karena di wilayah tersebut tidak ada air. Sehingga Balai Wilayah Sungai Papua Barat diminta untuk menyiapkan fasilitas air baku.

“Pada tahap awal untuk keperluan pembukaan tersebut, pihak Balai Wilayah Sungai Papua Barat sudah melakukan lelang. Untuk pemasangan sumur bor yang akan dipasang dihalaman Koramil. Dan dalam pemasangan pipa kurang lebih 4 km, sampai kedepan pintu KEK. Dan nanti pengelolaan internal adalah kewenangan Pemda Kabupaten Sorong. Selaku pengelola di daerah dan Badan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” ucap Elroy di halaman Kantor Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Selasa (04/12/18).

Lanjut Elroy, tahun depan mereka akan melakukan studi untuk menyiapkan kebutuhan KEK 424 liter/detik. Ini adalah kebutuhan yang cukup besar. Semula diwacanakan sumber air tersebut diambil dari sungai Warsamson. Saat ini sungai Warsamson menjadi sumber air baku bagi Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Baca Juga :  Mukayin Terpilih Ketua KONI, Demi Banyuwangi Langsung Tancap Gas

Tetapi karena kebutuhan diperuntukkan hanya untuk masyarakat, maka Balai mencoba alternatif lain. Alternatif ini sebenarnya masih dalam studi. Dan Studi ini, nanti Balai Wilayah Sungai Papua Barat akan melelang dini di bulan Desember. Nanti lewat sisa lelang PSEL tahun depan, Balai Wilayah Sungai Papua Barat mulai kerja tahap pertama untuk menyiapkan kapasitas debit air sebesar 424 liter/detik.

“Dari sisi Program dan perencanaan, Balai Wilayah Sungai Papua Barat sudah siap. Serta dananya sudah sampai di tahap perencanaan. Tetapi karena hal ini sangat prioritas, maka fisiknya didahulukan. Sedangkan menyangkut Anggaran, Kami lagi menunggu hasil studi dan kita akan lelangkan pada Tahun 2019,” kata Elroy

Baca Juga :  Gubernur Sumatera Selatan Berharap Angka Kemiskinan di PALI Menurun

Elroy menambahkan bahwa secara Nasional KEK hanya terdapat di 5 tempat. Tetapi untuk Papua dan Papua Barat, hanya berada di Sorong. (OSB)

Loading...

Baca Juga