oleh

Fenomena Komunitas Gay Semakin Marak di Banyuwangi

SUARAMERDEKA – Warga Banyuwangi beberapa hari terakhir ini di hebohkan fenomena komunitas gay di Media sosial (Medsos), Facebook (FB). Fenomena ini menjadi perhatian Kapolres Banyuwangi dan Ketua PCNU Banyuwangi.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK mengatakan, pihaknya akan mendalami informasi temuan komunitas gay di Banyuwangi di Grup FB yang cukup meresahkan warga Banyuwangi.

“Kami akan mendalami terlebih dahulu kebenaran komunitas gay melalui media sosial itu,” tegas AKBP Taufik, Jumat (4/1/2019) di Mapolsek Banyuwangi. 

Jika sudah diketahui kebenarannya, selanjutnya Polres Banyuwangi akan menindak lanjuti  fenomena perilaku seks menyimpang tersebut.

Sementara Ketua PCNU Banyuwangi Moh Ali Makki prihatin dengan adanya temuan group Facebook gay di Banyuwangi. Jika pun komunitas itu benar adanya, ia meminta kepada seluruh pihak untuk segera menindaklanjutinya.

“Kami prihatin kalau di Banyuwangi ada komunitas menyimpang seperti itu. Saya betul-betul prihatin,” ucap Makki, Jumat (4/1/2019).

Makki menambahkan, temuan fenomena kasus gay ini harus dicegah dan diperbaiki bersama-sama. Karena ini ada kaitannya juga dengan psikologi seseorang.

“Kita akan sampaikan bahayanya seks menyimpang tersebut, melalui edukasi dan penyuluhan di organ-organ NU. Terutama di lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan NU,” tegas Makki.

Baca Juga :  Sekjen PB HMI: Pembentukan Koopsus TNI Memunculkan Polemik Baru

Trend penyimpangan perilaku seksual lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) ternyata sudah merambah kabupaten Banyuwangi. Terdapat beberapa komunitas gay yang bisa ditemukan secara mudah di FB. Khususnya komunitas yang di kabupaten Banyuwangi.

Namun, ada juga yang sangat sulit terdeteksi karena admin group menyamarkan nama group itu dari publik. Untuk jumlah yang terdeteksi, ada delapan komunitas yang disinyalir dijadikan sarana komunikasi bagi para LGBT.

Delapan grup yang terdeteksi itu antara lain, Gay Seluruh Banyuwangi dengan jumlah anggota 1.914. Cowok Banyuwangi Gay dengan anggota 901, Banyuwangi Gay Boy dengan anggota 324, Komunitas Gay Bisek Banyuwangi dengan anggota 72, Solidaritas Gay / Bisek Banyuwangi  dengan 159 anggota, Banyuwangi Gay’s  (BWI 1 G) dengan anggota 1039, Kumpulan Arek Banyuwangi pin BB  atau WhatsApp cowok gay dengan anggota 1138 dan Cowok Eksostis Genteng Banyuwangi dengan 733 anggota.

Baca Juga :  Kematian 2 Tahanan di Banyuwangi. Kompolnas Minta Propam Mengusut

Hampir semua grup ini dibuat tertutup. Bagi yang ingin tahu tentang grup ini harus mengirimkan permintaan terlebih dahulu ke admin, untuk disetujui. Namun, ada satu grup yang terbuka, yakni Komunitas Gay Bisek Banyuwangi, Banyuwangi Gay Boy dan Solidaritas Gay / Bisek Banyuwangi.

Siapapun bisa melihat percakapan, aktivitas apapun yang ada di grup ini tanpa mengirimkan permintaan ke admin terlebih dahulu. Grup ini lebih terbuka. Namun, hampir mayoritas grup ini dihuni para lelaki.

Mereka yang menjadi anggota grup, mayoritas memasang foto profil laki-laki dengan setengah telanjang dada, dan menggunakan celana pendek. Percakapan yang mereka lakukan dengan masing-masing anggota pun lebih terbuka. Mereka memposting apa yang mereka butuhkan, dan apa yang mereka inginkan. (BUT)

Loading...

Baca Juga