oleh

Fondasi Spesifikasi Material Batu Gunung, Diduga Dicampur Batu Kapur

SUARAMERDEKA – Proyek peningkatan ruas jalan poros Wakoila – Lombu Jaya – RSUD di Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra)  diduga menggunakan material batu kapur sebagai bahan fondasi taludnya.

“Kalau saya lihat meterial pembuatan drainase ini dicampur menggunakan batu gunung dan batu kapur,” kata salah seorang warga Desa Lombu Jaya yang menolak untuk menyebutkan namanya, Jumat (4/1/2019) sore.

Hal senada juga dikatakan salah satu tukang pada proyek itu. Ia membenarkan jika pekerjaan yang saat ini dikerjakannya sebagian menggunakan material yang berasal dari batu kapur.

“Saya sudah bekerja sepanjang 50 meter. Materialnya sudah dibuang di sini, jadi kita tinggal pake material yang ada seperti batu kapur ini. Kita tahunya kerja saja,” tegasnya sembari meminta namanya dirahasiakan.

Baca Juga :  Kapolres Muna Melayat Anggota Basarnas Sultra Yang Meninggal Pada Misi Evakuasi

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mubar, Karimin menjelaskan jika material pada pekerjaan itu boleh menggunakan batu kapur.

“Kalau batu yang ada di dalam tanah, terus kepadatannya sudah bagus. Saya kira tidak menjadi masalah digunakan sebagai material,” jelas Karimin, Minggu (5/1/2019).

“Jadi kalau dipakai untuk material pekerjaan drainase itu tidak apa-apa. Sepanjang kepadatannya sudah maksimal, dipukul dengan palu tidak hancur,” tambahnya lagi.

Dari informasi yang diperoleh, proyek yang dikerjakan sejak 17 Oktober 2018 tersebut tertulis menggunakan material dari batu gunung.

Proyek yang ditargetkan selesai selama 75 hari kalender ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (SPBD) melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Volume pekerjaan 5,3 kilometer dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 8,748 miliar.  Proyek ini dikerjakan oleh PT. Yudisthira Trio Putra. (RED)

Baca Juga :  Kanit Binmas Polsek Wakorumba Ajar 30 Anak di Buton Utara Mengaji
Loading...