oleh

Sungai Lematang Meluap Puluhan Desa di PALI Terendam Banjir

SUARAMERDEKA – Sejak sepekan ini hujan melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya kabupaten PALI, sehingga mengakibatkan Sungai Lematang meluap dikarenakan tidak mampuh menampung air hujan.

Akibat luapan sungai Lematang itu tercatat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan, sedikitnya ada 10 Desa terendam banjir.

Diantaranya desa yang terendam banjir tersebut yakni, Desa Bumi Ayu, Tanah Abang Selatan, Tanah Abang Utara. Banjir juga melanda Muara Sungai, Curup, Sukaraja, Sedupi, Pandan dan Modong. Seluruh desa tersebut, masuk dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang.

“Untuk saat ini dari pantauan kita, banjir yang melanda 10 desa masih aman dan terkendali. Belum dikategorikan sebagai bencana. Banjir itu merupakan banjir tahunan dan kiriman dari hulu sungai Lematang,” terang Junaidi Anuar Kadis BPBD PALI, Senin (29/4/2019).

Baca Juga :  Bupati A3 Melantik Mutasi dan Promosi Pejabat Pemda Banyuwangi

Diakui Junaidi bahwa pihaknya terus memantau daerah yang terdampak banjir yang lokasinya tidak jauh dari bantaran sungai Lematang. Adapun ribuan rumah yang terkena banjir tersebut menurutnya rumah berbentuk panggung.

Meskipun masih dalam situasi aman tapi Junaidi menjelaskan bahwa aktifvitas warga yang terdapak banjir tersebut sedikit terganggu. Dikarenakan setiap warga yang ingin beraktifvitas harus menggunakan perahu.

Terpisah, sementara Barlian, kepala Desa Curup, mengatakan bahwa untuk desa yang dipimpinnya saja hampir separuh dari ratusan rumah pemukiman warga terendam air luapan sungai Lematang yang semakin hari kian meluap.

“Sudah tiga hari ini banjir belum juga surut. Kalau tanaman padi warga dipastikan mati dan warga yang kebun karetnya terkena banjir juga tidak bisa menyadap. Aktifvitas warga terganggu,” tutur Kades. (SHM)

Loading...

Baca Juga