oleh

DPUPRPKP Terus Sosialisasi Kebersihan, Kali Ini Sasar ke Sekolah

‌SUARAMERDEKA.ID – Bidang Pertamanan dan Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng, terus melakukan sosialisasi agar kebersihan lingkungan terjaga. Kali ini dilakukan sosialisasi pembatasan sampah di lingkungan sekolah-sekolah di kota Kuala Kapuas.

Sedikitnya 10 sekolah di Kecamatan Selat Kuala Kapuas yang menjadi sasaran sosialisasi Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPUPRPKP Kabupaten Kapuas, Jumat pagi (9/8/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan sekolah TK, SD, SMP dan SMA sederajat. Seperti di SDN 1 Selat Dalam Jalan Cilik Riwut Gang IIb Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Para murid didampingi para guru tampak antusias mendengarkan sosialisasi tersebut. Sosialisasi dilakukan usai kegiatan senam sehat yang dilaksanakan setiap jumat oleh sekolah tersebut. Mereka begitu bersemangat mengikuti sosialisasi pembatasan sampah dengan materi yang disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPUPRPKP Kapuas, Ahmad Isnaeni.

Sosialisasi menjelaskan tentang bahaya sampah plastik. Disampaikan juga agar membuang sampah pada tempatnya. Bagaimana memilah sampah hingga mengelola sampah dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan murid-murid dan guru.

Baca Juga :  Kecamatan Kapuas Timur Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

“Usai kami sosialisasi, mereka kami ajak bersih-bersih lingkungan sekitar area sekolah. Kita ajak mereka terlibat langsung membersihkan lingkungan sekolahnya dari sampah. Agar mereka paham bahwa sampah itu dapat menganggu kesehatan dan keindahan,” ungkap Ahmad Isnaeni.

Menurut pria yang dikenal peduli kebersihan kota ini, dengan bergotong royong para murid dengan semangat membersihkan sampah, mengambil sampah berupa bungkus makanan dan dedaunan. Sampah-sampah yang terkumpul kemudian diarahkan untuk dibuang di bak sampah yang sudah disediakan sekolah.

“Kegiatan tersebut, selain melatih siswa untuk disiplin juga menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Juga menjaga lingkungan sekolah menjadi bersih dan nyaman bagi siswa mengikuti kegiatan belajar serta tempat bermain,” ucapnya.

Baca Juga :  Siti Habibah, Ibunda SBY Meninggal Dunia

Lebih lanjut ditegaskan, keterlibatan guru-guru juga diharapkan mendukung untuk meneruskan sosialisasi tentang sampah tersebut. Sehingga terwujud pengurangan sampah di lingkungan sekolah, penanganan sampah yang baik sekaligus membuat bank sampah sekolah serta pemanfaatan sampah menjadi kompos.

‌Saat yang sama, salah satu guru SDN 1 Selat Dalam Arliansyah mengatakan, bahwa pihak sekolah sangat menyambut baik kedatangan Dinas PUPRPKP Kapuas Bidang Pertamanan dan Kebersihan itu. Hal seperti itu bakal diterapkan di SDN 1 Selat Dalam. Walaupun selama ini kebersihan lingkungan sudah dijaga oleh sekolah, dan akan terus ditingkatkan lagi sampai murid-murid memahami betul seperti memilah sampah dengan baik. (SAS)

Loading...

Baca Juga