oleh

Ied Mubarak Selamat Idul Adha 1440 H, Sebuah Opini Asyari Usman

Ied Mubarak Selamat Idul Adha 1440 H. Oleh: Asyari Usman, Wartawan Senor.

Assalam alaikum wr wb.

Semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada kita semua yang hari ini berqurban dan berkorban untuk sesama.

Alhamdulillah. Beruntunglah Anda semua yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Dan beruntung pula Anda semua yang bisa menyembelih hewan qurban terbaik sebagai wujud syukur kepada Allah. Sebagai isyarat ketaatan kepada-Nya. Sebagai pengingat kisah Nabi Ibrahin a.s. ketika Beliau menjalankan perintah untuk menyembelih putranya, Ismail a.s.

Nabi Ibrahim dan Ismail melaksanakan perintah itu di atas ketaatan yang penuh dan tulus. Tanpa ada pertanyaan kepada Allah SWT yang memberikan perintah.

Baca Juga :  Pusing 212: Negara Dengan 80 Juta Teroris? Sebuah Opini Asyari Usman

Hari ini, semua kita, semua kaum muslimin di seluruh dunia, juga berusaha mengikuti perintah berqurban. Juga perintah berkorban.

Puluhan ribu, bahkan mungkin ratusan ribu, kaum muslimin-muslmat berkorban hari ini. Mereka harus merawat begitu banyak pasien di seluruh rumah sakit. Dan juga di rumah mereka masing-masing. Merekalah para dokter, perawat, supir ambulans, atau sanak-saudara yang menunggui para kerabat yang sedang sakit.

Banyak prajurit TNI semua angkatan yang sedang bertugas di pos-pos terdepan. Mereka mengemban tugas menjaga wilayah negara RI. Mereka berada di laut. Di perbatasan darat. Di daerah-daerah terpencil. Barangkali saja mereka harus melaksanakan shilat Ied seadanya. Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk mereka semua.

Baca Juga :  Andaikata Kampanye Jokowi Seperti Kampanye Prabowo

Sebagian lain harus berkorban demi mengantarkan orang-orang yang sedang melakukan perjalanan. Mereka itu harus menerbangkan pesawat. Menahkodai kapal. Memandu bus, kereta api, angkot, taksi, ojek, dlsb. Mereka harus tetap berada di jalan-jalan untuk melayani sesama.

Tidak sedikit pula diantara kita yan hari ini sedang berduka. Kehilangan orang-orang yang disayangi. Kehilangan ibu, bapak, suami atau isteri, anak-kemenakan, teman dekat atau tetangga. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik untuk mereka semua. Amin, Allahumm amin!

Kita semua sedang berqurban dan berkorban. Kita jalani dengan hati yang tulus-ikhlas. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, wa lillahilhamdu.

Loading...

Baca Juga