oleh

Persiapkan SDM Unggul Sejak Dini Melalui Peningkatan Mutu Pendidikan

SUARAMERDEKA.ID – Bangsa Indonesia harus mempersiapkan SDMnya melalui peningkatan mutu pendidikan sejak usia dini. Hal ini sesuai visi Presiden membentuk SDM unggul, sebagaimana target Indonesia masuk dalam jajaran ekonomi terbaik dunia pada tahun 2045.

Banyaknya tantangan yang dihadapi bangsa dalam proses peningkatan mutu pendidikan menjadi salah satu pokok pembahasan dalam rapat koordinasi tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Rapat koordinasi dalam rangka peningkatan akses dan mutu pendidikan. Acara yang dihadiri Bupati Wajo Amran Mahmud beserta Bupati se-SulSel ini digelardi di Hotel Claro Makassar, Senin (19/8/2019).

Rapat koodinasi diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Didik Suhardi. Dalam sambutannya, Didik Suhardi menjelaskan tiga indikator penting yang dapat menghasilkan peningkatan akses dan mutu pendidikan yang berkualitas.

“Peningkatan akses dan mutu pendidikan harus melalui pemberian pendidikan secara berkualitas bagi seluruh anak Indonesia sesuai dengan amanat UUD 1945. Dengan memberikan pendikan berkualitas, tidak hanya sekedar menjelaskan namun harus menciptakan anak didik berkualitas. Dan yang paling penting yaitu bagaimana mengelola pendidikan transparan dan akuntabel ditunjang dengan anggaran pendidikan yang kuat,” jelas Didik Suhardi.

Baca Juga :  Guntur : Curah Hujan Mencapai 97, Ditambah Sedimentasi di Sungai Akhirnya Meluap
Didik juga menyebutkan beberapa tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan di Indonesia terkait wilayah Indonesia yang sangat luas dan masyarakat atau keluarga kurang mampu.

“Banyak daerah yang terluar dan terjauh dan sangat terpencil belum merasakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Ini adalah tantangan yang luar biasa bagi dunia pendidikan di Indonesia. Namun tantangan terbesar lainnya adalah keluarga kurang mampu. Hal ini yang perlu menjadi perhatian bagi pemerintah daerah setempat,” terangnya.

Persiapkan SDM Unggul Sejak Dini Melalui Peningkatan Mutu Pendidikan
Rapat koordinasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan membahas peningkatan akses dan mutu pendidikan di Hotel Claro Makassar, Senin (19/8/2019).

Didik juga menegaskan kepada seluruh kepala sekolah untuk konsisten menerapkan zonasi pendidikan yang sudah diberlakukan sejak tiga tahun lalu.

Walaupun banyak tantangan namun sistem ini akan mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia dalam menyambut generasi tahun 2045.

Baca Juga :  Bupati Wajo Hadiri Reuni Akbar Ikatan Alumni WCC AKSE

“Tahun 2045, Indonesia kita targetkan masuk dalam jajaran ekonomi terbaik dunia untuk itu kita harus mempersiapkan aset kita yakni SDM dari anak didik kita,” tegas Sekjen Kemendikbud RI.

Sementara itu sambutan dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam rakor ini berharap agar masyarakat mulai mempersiapkan pendidikan bagi anaknya sejak dini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak dengan baik. Ia mendorong bupati dan wali kota se-Sulsel yang hadir untuk memperbanyak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Dengan menggelar pendidikan sejak dini, kita sudah bisa menghasilkan anak dengan pendidikan yang bermutu saat duduk di kelas sekolah menengah,”ungkap Gubernur.

Sedangkan Bupati Wajo Amran Mahmud pada kesempatan ini berharap dengan rapat koordinasi ini mampu mengawal visi presiden.

“Insyah Allah kita semua dapat berkomitmen untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas. Untuk mengawal visi presiden untuk menghasilkan SDM unggul membawa masyarakat lebih maju,” kata Bupati Wajo. (FAR)

Loading...