oleh

Rapat Tanggap Bencana Terkait Kebakaran Pasar Tempe Kabupaten Wajo

SUARAMERDEKA.ID – Kebakaran yang terjadi Sabtu (24/8/2019) dini hari menghanguskan pasar Tempe Kabupaten Wajo. Dampak kerusakan diperkirakan lebih dari 90 persen.

Bupati Wajo yang mendatangi lokasi pasar saat kebakaran berlangsung meminta kepada jajarannya untuk mengambil tindakan cepat sebagai langkah antisipasi pasca kebakaran. Pertemuan untuk tindak respon cepat terkait kebakaran ini berlangsung di ruang rapat pimpinan kantor Bupati Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/8/2019).

Rapat tanggap bencana ini diikuti oleh Sekda Wajo, Kepala Bappeda Wajo, Kadis Perdagangan Wajo, Kapolsek dan danramil setempat dan beberapa pimpinan instansi terkait.

Sekda Wajo, H. Amiruddin A S yang memimpin rapat ini langsung meminta saran kepada peserta terkait langkah penting untuk relokasi pasar darurat dan keberlangsungan aktivitas mata pencaharian pedagang pasar Tempe.

Baca Juga :  Bupati Wajo Hadiri Reuni Akbar Ikatan Alumni WCC AKSE

Sedang Kepala Bappeda Wajo, Andi Pallawarukka,S.IP.MSi pada kesempatan ini mengungkapkan pentingnya mempertimbangkan dan memperhatikan potensi permasalahan yang bisa timbul dari setiap putusan yang akan diambil.

Ia juga berharap agar semua unsur bisa satu bahasa dan satu komando agar tidak membingungkan masyarakat.Dan yang paling penting adalah kehadiran aparat Kepolisian dan TNI dalam membackup proses penertiban ini.

Sebagai kesimpulan dari hasil rapat ini beberapa keputusan menjadi kesepakatan bersama yang dibacakan oleh Sekda Wajo sebagai berikut.

“Alternatif relokasi pedagang berada di sisi Utara dan Selatan pasar termasuk pelataran parkir di bagian barat pasar. Dan penempatan pedagang harus mengutamakan pemegang SIPT. Dinas pasar diharapkan melakukan inventarisasi jenis jualan dan pembuatan denah dan kapling. Dinas perdagangan membuat draft usulan kepada Gubernur Sulsel agar dapat dikucurkan biaya tak terduga. Termasuk usulan pembayaran terkait pembuatan lapak sementara,”

Baca Juga :  Kapolsek KP3 Pelabuhan Nusantara Raha Pantau Arus Mudik (Video)

Terakhir Sekda Wajo berpesan kepada dinas yang mendapat tanggung jawab ini agar mengedepankan tiga pilar dalam mengembang tugas yaitu ekonomis,efektif dan efisien.Dan mengupayakan kerja sama dengan instansi perangkat daerah seperti dinas cipta karya dan inspektorat agar langkah yang diambil tidak berpotensi menjadi temuan. (FAR)

Loading...

Baca Juga