oleh

Alat Deteksi Dini Banjir Dipasang di Mandau Talawang Kapuas

SUARAMERDEKA.ID – Melalui Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (FT UGM), BNPB akan memasang sistem deteksi dini bencana banjir di Sei Pinang Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Tim dari UGM terdiri dari lima orang mahasiswa yang akan didampingi dari BPBD Kabupaten Kapuas dalam pemasangan alat tersebut.

Pemasangan sistem peringatan deteksi dini bencana banjir ini, untuk mewujudkan kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat. Sistem ini diterapkan terdiri atas tujuh sub-sistem utama di antaranya. Sesuai SNI 8235:2017 dan ISO 22327:2018 dengan penilaian risiko, sosialiasi, pembentukan tim siaga bencana dan pembuatan panduan operasional evakuasi.

“Program ini kerjasama UGM dengan pemrakarsa BNPB yang dihibahkan ke salah satu kabupaten di Kalteng yakni, BPBD Kabupaten Kapuas. Hari ini kita berangkat,” ujar Zicho didampingi, Arifin, Moko, Made, Wahyudin di Kantor BPBD Kapuas, Selasa (24/9/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, pada tanggal 24 Mei 2019 di Kantor Pusat FT UGM diadakan penandatanganan kerjasama antara BNPB dan Fakultas Teknik UGM (FT UGM). Untuk pemasangan peralatan sistem peringatan dini bencana banjir di 20 lokasi di seluruh Indonesia. (SAS)

Loading...

Baca Juga