oleh

Baharuddin Aritonang Sumbangkan Buku ke Perpustakaan Tapanuli Selatan

SUARAMERDEKA – Baharuddin Aritonang Mantan Wakil Ketua BPK, yang sekarang memiliki jabatan sebagai Staf Ahli Gedung MPR menyerahkan ratusan buku pribadi yang terdiri dari koleksi buku islam, majalah, koran dan tabloit untuk menambah koleksi buku Perpustakaan Prof. Lafran Pane Desa Pangurabaan Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara, Jum’at (01/02/2019).

Selain itu Baharuddin Aritonang juga menyerahkan sumbangan buku karya tulisnya sendiri yaitu Orang Batak Berpuasa yang langsung diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM di Gedung Perpustakaan Prof. Lafran Pane Sipirok.

Menjawab pertanyaan Kabag Humas & Protokol Kabupaten Tapanuli Selatan Isnut Siregar yang menanyakan harapannya saat menyerahkan bantuan buku tersebut.

“Sebelum perpustakaan Prof. Lafran Pane ini diresmikan saya juga sudah mengirim buku untuk koleksi perpustakaan ini,” ujar Baharuddin Aritonang.

Baharuddin berharap dengan bantuan buku tersebut bisa mencerdaskan masyarakat Tapsel.

“Begitu juga dengan adanya beberapa perguruan tinggi di tapsel semoga bisa menjadi referensi bagi mahasiswanya untuk melakukan penelitian di perpustakaan Prof. Lafran Pane ini,” tuturnya.

Bahkan kata Baharuddin Aritonang kalau masih dibutuhkan dia bersedia mengirimkan tambahan buku lagi untuk koleksi perpustakaan tersebut.

“Walaupun zaman sekarang ini sudah serba digital, buku tetap dipelihara karena buku merupakan sumber aslinya. Mari kita semua mengajak anak-anak SD, SMP dan SMA untuk mengembalikan fungsi perpustakaan sebagai gudang ilmu,” pungkasnya.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas bantuan buku tersebut.

“Kami berharap bantuan buku ini bisa memberikan motivasi bagi masyarakat Tapsel untuk lebih gemar membaca dan menulis sehingga apa yang menjadi visi misi Bupati Tapanuli Selatan menuju masyarakat yang cerdas bisa terwujud,” kata┬áBupati Tapanuli Selatan.

Dikatakan Sekda, perpustakaan Prof. Lafran Pane akan terus dikembangkan menjadi Library Digital. Sehingga lebih mudah dinikmati oleh masyarakat luas.

“Begitu juga untuk anak sekolah. Ke depan kita akan adakan lomba literasi, menulis buku, dan lomba cerpen. Untuk lebih meningkatkan kecintaannya terhadap perpustakaan. Dengan banyak membaca merupakan jendela untuk menguasai dunia,” ujar Sekda.

Kadis Perpustakaan Ongku Muda Atas mengucapkan terimakasih atas sumbangan buku yang diberikan.

“Semoga ini menjadi perangsang bagi masyarakat Tabagsel yang ada di perantauan. Karena menurut beliau banyak penulis-penulis ternama dari daerah ini yang telah berhasil di perantauan. Bukan hanya penulis, pengusaha, pejabat, bahkan politisi ternama”. papar ongku pada awak media ini. (EJD)

Loading...

Baca Juga