oleh

Balai Litbang Keagamaan Makassar Kunjungi Kampus IAIA Sengkang

SUARAMERDEKA – Balai penilitian dan pengembangan ( Balai Litbang) Keagamaan Makassar memulai kunjungannya di Wajo tepatnya di Aula serbaguna Kampus Hijau IAIA Sengkang Sulawesi Selatan, Rabu, (27/2/2019). Litbang ini bergerak pada bidang khusus meneliti naskah-naskah terdahulu tentang sejarah zaman dahulu.

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen IAIA Sengkang dan mahasiswa dari berbagai program studi. Seperti prodi Akidah Filsafat, Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Ahwalul Syahsiyyah dan Tadris Bahasa Inggris.

Hadir dalam acara tersebut Rektor dari Kampus Ma’ had Aly As’Adiyah Sengkang beserta dengan para santri. Adapun pemaparan yang disampaikan oleh para pemateri, mengangkat tema “Studi Literan Pengembangan Transliterasi Dan Terjemahan Naskah Kuno Keagamaan”.

Pemaparan materi oleh Litbang Keagamaan Makassar tadi menjelaskan, studi kajian naskah menggunakan beberapa langkah. Terjemahan ke bahasa yang dituju, kajian teks dan kajian konteks.

Menurut Muhammad Syukran, salah satu mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut merasa senang. Ia mengaku mendapatkan ilmu baru terutama tentang penulisan orang-orang jaman dulu.

“Selain mendapat ilmu baru, saya pun pribadi berminat untuk meneliti juga naskah atau skrib tentang orang-orang dahulu. Dan dengan hadirnya Balai Litbang di Kampus kita, dapat mengetahui secara langsung mengenai balai tersebut,” ujarnya. (ASR)

Loading...

Baca Juga