oleh

Banyuwangi Khatamkan Al Quran 3.000 Kali di Nuzulul Qur’an

SUARAMERDEKA.ID – Memperingati Nuzulul Quran yang jatuh setiap 17 Ramadhan, Pemkab Banyuwangi menggelar khotmil Al-quran, Selasa (19/4/2022). Dalam sehari dikhatamkan Al-Quran sebanyak 3.000 kali.

Khotmil Quran ini diikuti 600 hafidz dan hafidzoh dari berbagai wilayah di Banyuwangi. Termasuk ibu nyai dari sejumlah pesantren di Banyuwangi, di antaranya Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafaat dari PP Darussalam Blokagung (Tegalsari), Nyai Hj. Saadatul Ukhrowiyah Askandar dari PP. Mambaul Ulum Sumberberas (Muncar), Nyai Nikmatur Rohmah (Ketua JHQ Banyuwangi), dan Nyai Mahmudah Ahmad serta sejumlah ibu nyai lainnya.

Khotmil Al Quran juga dilaksanakan di semua kantor pemerintah mulai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kantor kelurahan/desa, kecamatan, puskesmas, masjid, pondok pesantren, dan sekolah-sekolah dari SD hingga SLTA se-Banyuwangi.

Baca Juga :  PKS Minta Uji Klinis Vaksin China Tak Ada Tipu-Tipu Ilmiah

Mereka secara bersama-sama melantunkan ayat-ayat suci al-quran mulai pukul 08.00 hingga menjelang Magrib nanti.

“Kegiatan ini adalah bagian dari ikhtiyar memohon keberkahan dari Allah. Dengan berkah turunnya Al-Qur’an dan doa dari orang-orang yang dekat dengan Allah diharapkan Banyuwangi bisa melewati berbagai tantangan dan kondisi sulit dengan baik.” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Kegiatan yang dikemas dalam Festival Nuzulul Quran ini akan dipuncaki dengan doa bersama yang dipusatkan di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, dipimpin KH Toha Munthaha dari Glenmore. Dirangkai dengan sholat Magrib berjamaah, buka puasa dan sholat tarawih bersama.

“Dengan berkah Khotmil Quran ini semoga Banyuwangi semakin maju dan sejahtera.” harap Ipuk.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Banyuwangi, M. Luqman menambahkan, Festival Nuzulul Quran dirangkai dengan sejumlah agenda lainnya. Selain Khotmil Quran serentak se-Banyuwangi, sebelumnya juga digelar pelatihan dan lomba karya Kaligrafi, serta lomba karya tulis ilmiah Al-Quran.

Baca Juga :  Jokowi Minta Kabinet Indonesia Maju Yang Baru Dilantik Langsung Kerja

“Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada 15-16 April 2022. Hasilnya karya para peserta akan ditampilkan pada puncak acara di Pendopo pukul 15.00 nanti.” urainya.

Camat Banyuwangi, Danisworo mengatakan kalau Khotmil Quran salah satunya dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Banyuwangi. Sejumlah staf kecamatan bersama perwakilan dari kelurahan bersama-sama mengkhatamkan Al-Quran.

“Selain di sini (aula kecamatan), 18 kantor kelurahan di wilayah kami juga menggelar khotmil Al Quran dengan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.” kata Danisworo, dengan singkat.(*)

Loading...