oleh

BPBD Kapuas Terima Kunker BNPB Masalah Penanganan Karhutla

SUARAMERDEKA.ID – Satgas Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Kapuas menerima kunjungan kerja (Kunker) dari staf ahli dan Liason Officer (LO) BNPB, pada 3 Agustus 2019 lalu. Kunker ini dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan penanganan Karhutla serta pelaksanaan Pos Satgas Gabungan di 22 desa di Kabupaten Kapuas.

Para petinggi BNPB tersebut di antaranya staf ahli seperti Mayjend (pur) Amrin dan Masda (purn) Bonar Hutagaol, sedangkan LO BNPB Kolonel (kes) RP Purba dan Kolonel (CPM) Subaktio. Juga datang Pasi Ops Korem 102/Pjg Mayor J Nidio, Kabag Dalops Polda Kalteng AKBP M Pardosi dan didampingi Staf Deputi Kedaruratan serta Kasi kedaruratan BPBPK Provinsi Kalteng.

Rombongan ini disambut oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga beserta jajaranya. Pasiops Kodim 1011/klk dan pejabat Polres Kapuas di Posko Induk di Kantor BPBD Kabupaten Kapuas.

“Mereka mengingatkan agar selalu waspada dan intensif dalam penanganan Karhutla. Dan mereka memuji selama ini kita sudah maksimal menekan jumlah titik api. Dan mencegah terjadi kebakaran hutan,”ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, Jumat (6/9/2019).

Dalam monev tersebut, ia menjelaskan kepada utusan BNPB, bahwa penanganan Karhutla yang telah dilakukan mulai proses perencanaan penganggaran serta tindakan pencegahan yang dilaksanakan. Untuk mengantisipasi Karhutla di Kabupaten Kapuas dan berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan.

“Kami laporkan juga, kalau Kabupaten Kapuas saat ini mampu menurunkan tingkat hotspot dan kebakaran. Jika dibandingkan pada bulan yang sama pada tahun sebelumnya,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah daerah, yakni Bupati Kapuas yang telah memberikan dukungan penuh kepada BPBD. Khususnya dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla dan penanganan bencana secara umum di Kabupaten Kapuas.

“Setelah kami melakukan diskusi, selanjutnya rombongan meninjau Posko Induk Siaga Darurat Karhutla Kabupaten Kapuas dan Posko Satgas gabungan di Kelurahan Palingkau Lama,” tutupnya. (SAS)

Loading...

Baca Juga