oleh

Kabupaten Brebes Akan Menggelar Pilkades E-Voting 2019

SUARAMERDEKA.ID – Menjelang Pilkades E-Voting 2019, Kodim 0713 Brebes melaksanakan Kegiatan Pembinaan Teritorial untuk mencegah dan menangkal faham Radikalisme di wilayah Teritorial Kabupaten Brebes, khususnya Kecamatan Bantarkawung.

Acara ini bertempat di Aula Kecamatan Bantarkawung,  jalan Raya Bantarkawung 139, Rabu (23/10/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Desa, BPD, Panitia Pilkades dan LPM. Mereka akan melaksanakan Pilkades di 2 Kecamatan yaitu Bantarkawung dan Salem. Tema acara “Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Potensi Konflik sosial demi suksesnya Pilkades E-Voting 2019 dalam mewujudkan Brebes yang Kondusif”.

“Saat ini Kabupaten Brebes akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa tahap II. Yang sudah memasuki tahap Pendaftaran bakal calon dengan sistem alih teknologi pada pelaksanaan Pemilihan. Yaitu E-Voting untuk yang pertama kalinya di kabupaten Brebes,” kata KaSubag Keuangan Pemdes Brebes, Taufan

Kabupaten Brebes Akan Menggelar Pilkades E-Voting 2019
Kasubag Keuangan Pemdes Brebes Taufan

Lanjutnya, E-voting merupakan salah satu cara untuk mempercepat pelaksanaan pemilihan yang tentunya dapat mencegah potensi permasalahan pemilihan. Ia berharap dalam pelaksanaan Pilkades nanti jangan sampai ada pertentangan sehingga terjadi perpecahan karena beda pilihan.

Sementara Pelda Isroni,yang mewakili Pasi Intel Kodim 0713/Brebes menyampaikan tentang perlunya mewaspadai konflik antar pendukung dimana saat ini akan di laksanakan Pemilihan yaitu Pilkades E-voting. Dengan adanya ormas yang tentunya masing-masing Ormas saling mendukung calonya terutama yang seirama dan sealiran tentunya.

“Untuk potensi sumber konflik saat ini diawali dengan adanya bakal calon lebih dari 5 orang. Sehingga akan ada seleksi untuk menentukan 5 calon terpilih yang akan maju sebagai calon kepala desa dan bakal calon yang sudah mengeluarkan dana besar tidak lolos seleksi. Hal tersebut dapat di lakukan Pencegahan dengan bekerjasama antara Pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Dengan penguatan menyampaikan kerukunan antar umat beragama serta peningkatan forum kemasyarakatan,” pungkasnya. (RMT)

Loading...

Baca Juga