oleh

Ratusan Calon Pengawas TPS di Bumiaji Siap Mengikuti Tes Wawancara

SUARAMERDEKA – Antusias warga Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Jawa Tengah cukup tinggi untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019,dengan mendaftar sebagai penyelenggara Pemilu di bidang Pengawasan yaitu sebagai Calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Pengawas TPS), Sabtu (16/2/2019).

Menurut Ketua Panwaslu Kecamatan Bumijawa, Tarno Ganang SIp MH, untuk pendaftaran Pengawas TPS, baru di buka hari senin lalu (11/2/2019). Saat ini sudah mencapai 207 pendaftar berdasarkan berkas yang masuk.

Dari sekian ratusan berkas pendaftar yang sudah masuk nantinya akan di seleksi. Mulai dari kelengkapan berkas, wawancara dan nantinya akan diluluskan sesuai kebutuhan.

“Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pemilu no.7 tahun 2017, syarat menjadi Pengawas TPS yang utama adalah Pendidikan SLTA/sederajat. Usia minimal 25 tahun, netral dari kepartaian dan berintegritas. Tentunya syarat mutlak,” imbuh Ganang.

Untuk kebutuhan sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara di Kecamatan Bumijawa, meningkat 100% dari pemilu sebelumnya. Pada Pilkada 2018 hanya 178 Pengawas, sekarang menjadi 309 Pengawas.

“Dengan meningkatnya Pengawas TPS, diharapkan dapat menjaga asas pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur adil. Untuk mewujudkan pemilu yang Berintegritas dan Bermartabat,” pungkasnya. (RMT)

Loading...

Baca Juga