oleh

Dandim 0825 Banyuwangi bersama Jajaran Lestarikan Ekosistem Laut

SUARAMERDEKA.ID – Melestarikan ekosistem laut serta mencegah abrasi laut, dilakukan penanaman yang di gelar TNI AD dari Kodim 0825 Banyuwangi, sedikitnya 5000 batang pohon mangrove dan cemara ditanam di Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kamis, (14-07-2022) Pukul 08.00 WIB.

Kawasan pesisir di pinggir kota Banyuwangi perbatasan dengan Desa Kalirejo kecamatan Kabat, sengaja dipilih untuk penghijauan. Karena pantai ini menjadi surganya kawanan penyu untuk bertelur. Pohon yang ditanam diletakkan di sepanjang bibir Ujung Timur Pulau Jawa, tepatnya pantai Cemara sisi barat selat Bali.

Hadir Bhakti acara tersebut diantaranya, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav. Eko Julianto Ramadhan, M.Tr. (Han), Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi Drs. Dwiyanto, Kasatbinmas Polresta Banyuwangi Kompol Mustaqim mewakili Kapolresta Banyuwangi, Dandenpom Lanal Banyuwangi Kapten Laut (PM) Sutejo, S.Tr. Han, mewakili Danlanal Banyuwangi, General Managar (GM) Pelindo III Tanjung Wangi, Fitria Kartikasari, jajaran Para Danramil Kodim 0825 Banyuwangi, Ketua Pokmaswas Pantai Cemara Muhyi, Plt. Kadis Lingkungan Hidup Banyuwangi, Dwi Handayani serta Kadis Perikanan Kabupaten Banyuwangi Alif Kartiono.

Baca Juga :  Aksi Bela Rakyat Gorontalo Utara Datangi Kantor PT Toba Bara Sejahtera Tbk

” Dandim 0825 Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, M.Tr. (Han) menyampaikan kegiatan penanaman mangrove, dan melepas tukik guna melestarikan ekosistem laut serta mencegah abrasi laut. Pelepasan tukik merupakan bentuk pelestarian anak penyu. Penyu memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan laut selama lebih dari seratus juta tahun peran itu bisa menjaga fungsi terumbu karang supaya produtif,” kata Letkol Kav. Eko Julianto Ramadhani.

Ditempat yang sama GM. Pelindo III Tanjung Wangi, Fitria Kartikasari menyampaikan Penanaman mangrove dan cemara ini merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan. Pelindo berkomitmen untuk berkontribusi untuk ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan,” kata Fitria

Kami berterima kasih atas kolaborasi dengan Kodim 0825 Banyuwangi hal ini merupakan tanggung jawab sosial kita diharapkan Memberikan dampak positif bagi masyarakat. Hal ini merupakan bentuk nyata kehadiran Pelindo ditengah-tengah masyarakat,” pungkas Fitria.

Baca Juga :  FUIB Sangat Mengecam Puisi Yang Dibacakan Neno Warisman

Aksi penanam ini digelar jajaran TNI AD dari Kodim 0825 Banyuwangi bersama Pelindo III Tanjung Wangi sebagai wujud upaya melestarikan dan menjaga lingkungan. (BUT).

Loading...

Baca Juga