oleh

Digunakan Penipuan, Bupati Melawi Laporkan Akun Facebook Palsu ke Polisi

SUARAMERDEKA.ID – Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan ada pihak yang membuat akun facebook palsu dengan mencatut namanya dengan tujuan melakukan penipuan berkedok bisa mengangkat seseorang menjadi PNS. Akun facebook palsu tersebut kini sudah dilaporkan ke kepolisian untuk diproses secara hukum.

Hal ini disampaikan Bupati Melawi kepada awak media melalui sambungan selular, Minggu (7/3/2021). Ia menjelaskan, akun facebook palsu tersebut bernama “BANG DADI SUNARYA”. Akun tersebut mengunakan foto profil dan mengatasnamakan dirinya secara pribadi.

“Perlu saya sampaikan kepada semua masyarakat Kabupaten Melawi dan publik melalui awak media. Bahwa akun (Bang Dadi Sunarya-red) adalah akun palsu,” katanya.

Ia pun menghimbau masyarakat, apabila ada masyarakat berteman di akun facebook palsu yang mengatasnamakan dirinya sebaiknya diblokir. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

H Dadi Sunarya Usfa Yursa menjelaskan, dirinya mengetahui ada akun facebook yang mencatut namanya berdasarkan laporan dari masyarakat berinisal Rb.

“Menyampaikan kepada saya sore kemarin (Sabtu-red). Saudara Rb tersebut hampir saja tertipu, oleh akun facebook palsu tersebut membuat status di medsos facebook dengan kalimat “bagi guru honor yang sudah lama mengajar, bisa langsung diangkat menjadi CPNS, untuk info lebih lanjut chat ke messenger saya pribadi,”. Pemilik akun palsu,” ujarnya.

Ia menceritakan, Rb sempat melakukan percakapan melalu masengger di facebook, dengan pemilik akun palsu tersebut. Pemilik akun palsu pun meminta untuk mengirimkan data SK Pengangkatan dan pemberkasan yang lainnya ke Nomor HP 081352076048. Di pertengahan percakapan, pemilik akun palsu pun meminta agar segera mengirim berkas. Adapun berkas yang dimaksud adalah KTP, KK, Akte Lahir, SK Tugas dan uang administrasi sebesar 3 juta rupiah. Rb dijanjikan diangkat menjadi PNS tanpa melalui test apapun.

“Karena melihat chatingan WA yang menyatakan tanpa tes dan dijamin lolos CPNS, sehingga Saudara Rb mempertanyakan kepada saya mengenai kebenaran akun tersebut,” ucap Bupati Melawi.

Ia mengingatkan masyarakat agar tidak mempercayai tulisan yang ada di akun palsu tersebut bahkan disarankan untuk memblokir. Bupati Melawi ini pun menyatakan dirinya sudah melaporkan akun tersebut ke pihak kepolisian.

“Terkait hal ini bahwa saya juga tidak akan tinggal diam. Karena merusak nama baik saya sebagai Aparatur Pemerintah Kepala Daerah Kabupaten Melawi. Terkait ini juga saya sudah melaporkan kepada kepolisian untuk memproses secara hukum,” tutup H Dadi Sunarya Usfa. (ARH)

Loading...

Baca Juga