oleh

Forkom PNPB dan PCNU Sepakat Pilkada Banyuwangi Tak Ada Kotak Kosong

SUARAMERDEKA.ID – Forum Komunikasi Partai Non Parlemen Banyuwangi (FORKOM PNPB) tidak ingin Pilkada Banyuwangi 2020 hanya diikuti satu pasangan saja. Adanya kotak kosong membuktikan bahwa demkrasi di Banyuwangi tidak berjalan dengan baik.

Menurut Ketua Forkom PNPB Alex Budi Setiawan SH, forum ini terdiri dari 7 partai. Diantaranya PKPI, Berkarya, Perindo, PAN, Garuda, PSI dan PBB. Mereka pun memutuskan untuk mulai merapatkan barisan dengan berkunjung ke kantor PCNU Banyuwangi, Senin (17/8/2020).

Ia menjelaskan, tujuan pertemuan ini untuk berkoordinasi dan menyatakan sikap bahwa demokrasi di Banyuwangi tidak boleh mati. Pasalnya, hingga kini baru 1 pasangan yang menyatakan maju di Pilkada Banyuwangi.

“Apabila pilbub Banyuwangi kali ini tidak ada calon pasangan yang maju untuk bertarung dalam kontestasi politik melawan pasangan Ipuk dan sugirah yang sudah muncul saat ini maka kotak kosonglah yang akan muncul,” kata Ketua DPK Banyuwangi dari partai PKPI ini.

Alex menambahkan, jika hanya satu pasang calon, maka menandakan telah matinya sistem demokrasi di Banyuwangi. Karenanya mereka sepakat bersama PCNU Banyuwangi hingga detik ini belum bersikap dan menentukan arah dukungan. Namun ia berjanji pihaknya pasti akan bersikap dan menentukan arah politik.

Hal senada disampaikan Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini. Ia menyatakan, hingga detik ini pihaknya belum menentukan arah dukungan.

“Tapi bila sudah tiba saatnya, maka kami nanti akan menyatakan arah dan bersikap. Demi kemaslahatan masyarakat Banyuwangi,” terang pria yang akrab disapa Gus Maki ini.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Partai Berkarya Heri Wijatmoko SH dan Sekretaris Partai Perindo Banyuwangi Hendi Bambang Suroso, mengatakan, Forkom PNPB maupun PCNU Banyuwangi sepakat untuk bisa menghidupkan demokrasi di Banyuwangi.

“Jangan sampai pilkada nanti muncul bumbung atau kotak kosong. Yang justru akan membuat malu dan merusak citra demokrasi di Banyuwangi,” terangnya.

Heri menambahkan, pihaknya bersama PCNU Banyuwangi akan intens berkoordinasi. Ia menjelaskan, hingga saat ini, baru pasangan Ipuk dan Sugirah yang sudah mengantongi 2 rekomendasi, yakni Partai Nasdem dan PDIP. (BUT)

Loading...

Baca Juga