oleh

Hino Masih Jadi Market Leader Medium Duty Trucks Selama 20 tahun

SUARAMERDEKA.ID – Chief Operating Officer (COO) sekaligus Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI)  Masato Uchida menegaskan, Hino tetap menjadi market leader di Indonesia untuk kendaraan bisnis kategori Medium Duty Trucks. Prestasi ini adalah capaian prestasi yang terus dipertahankan oleh Hino selama 20 tahun terakhir.

Diakui Masato Uchida, tahun 2019 merupakan tahun yang sangat menantang bagi dunia usaha, khususnya bidang kendaraan bisnis. Tahun 2019 di kenal sebagai tahun politik, yang pasti memberikan efek besar pada perekonomian dan juga perilaku pasar. Situasi bisnis dalam negeri ini diperburuk dengan perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat yang memanas.

“Tahun 2019 pasar komersial tercatat sebanyak 94.000 unit atau turun 18,26 persen dibanding tahun lalu 115 ribu unit. Banyak pengusaha yang masih wait and see di semester satu. Menunda berinvestasi di tahun 2019, sampai semua tahapan proses pemilu selesai. Sehingga pasar baru bergerak pada semester dua hingga awal tahun ini,” kata Masato Uchida, di Dapoer Restaurant Century Park Hotel Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga :  Hino Gelar Seminar Training of Trainer Instruktur Pengemudi
Ia melanjutkan, kondisi pasar yang menurun tentu saja dirasakan oleh semua produsen kendaraan komersial termasuk Hino. Namun Masato Uchida merasa bersyukur karena pada kondisi market yang menurun, Hino tetap berhasil membukukan prestasi dan mempertahankan posisi sebagai market leader medium duty trucks selama 20 tahun terakhir ini.

Pada tahun 2019, Hino berhasil menjual produknya sebanyak 31.471 unit kepasaran. Untuk Hino Ranger yang diklaimnya sebagai raja medium duty trucks berhasil terjual sebanyak 17.004 unit. Artinya, penjualan ini membukukan market share sebesar 62 persen di kelasnya.

“Sementara itu, Hino Dutro sangat sukses dan semakin dipercaya oleh konsumen. Dengan market share yang meningkat dan tumbuh dari 20 persen menjadi 22 persen. Dan berhasil dilego ke pasaran sebanyak  14.299 unit di tahun 2019,” tegasnya.

Baca Juga :  Songsong Era Euro 4, Hino Perbanyak Jaringan dan Gelar Safety Driving Competition

Melihat hasil penjualan di tahun 2019, tahun 2020 ini Hino memasang target penjualan sebanyak 36.000 unit. Masato Uchida optimis target ini akan berhasil diraih melihat pemerintahan periode kedua dari Presiden Jokowi. Pasalnya, pada periode kedua ini, pemerintahan Jokowi masih banyak berfokus pada pembangunan infrastruktur.

“Kami memiliki rasa optimisme di 2020 akan lebih baik lagi. Fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur. Kami yakini dapat memberi dampak pada naiknya penjualan. Target kami di tahun ini bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan market share untuk Ranger 65 persen dan Dutro tumbuh menguasai 25 persen,” tutup Masato Uchida. (OSY)

Loading...