oleh

Imbas Pembakaran Sampah, Kantor Desa Kedayunan Jadi Sasaran Sijago Merah

SUARAMERDEKA.ID – Kantor Desa Kedayunan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi menjadi sasaran amukan si jago merah, Minggu (21/1/2024).

Api yang diduga berasal dari aktivitas pembakaran sampah dibelakang kantor desa itu, melalap ruangan PKK dan aula balai desa.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Arsip dan dokumen desa pun berhasil diselamatkan, meski kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah.

Kasi Penyelamatan Dan Evakuasi Damkarmat Banyuwangi, Salam Bikwanto, mengungkapkan pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 10.05 WIB. Regu Brama 1 segera meluncur ke lokasi untuk memadamkan api yang melanda Aula dan Balai Desa.

“Regu Brama 1 melakukan penyemprotan dari atap Aula dan sisi belakang Aula, meminimalisir risiko merambat.” terang Salam.

Baca Juga :  PT Visiatama Bangun Megah Menang Perkara Gugatan PT MPHS

Meski proses pemadaman tidak mudah, upaya keras petugas Damkar bersama warga dan aparat Kepolisian membuahkan hasil.

“Dalam waktu dua jam, api berhasil dipadamkan.” jelasnya.

Kapolsek Kabat, AKP Sumono, mengindikasikan bahwa kebakaran diduga dipicu oleh pembakaran sampah di belakang kantor Desa. Angin kencang menyebabkan api merembet ke kantor Desa.

“Tidak ada dokumen penting yang terbakar karena telah diamankan warga dan perangkat desa, namun kerugian materiil mencapai Rp200 juta.” tegas AKP Sumono.(BUT).

Loading...