oleh

Kecamatan Kapuas Timur Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

SUARAMERDEKA.ID – Semua jajaran Pemerintahan di Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng terus mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Waspada karhutla ini ditandai dengan gelar Apel Gabungan Gelar dan Uji Coba Mesin pemadam kebakaran (Damkar) seluruh desa.

Kegiatan ini digelar di Handel Perwira Desa Anjir Serapat KM 9 Kecamatan Kapuas Timur, Selasa (23/7/2019). Tujuannya untuk mempersiapkan peralatan dan personel hingga di tingkat desa agar bisa meminimalisir terjadinya Karhutla di daerah tersebut. Selain itu juga dilaksanakan latihan sekaligus pengecekan alat yang dimiliki masing-masing Damkar.

Kegiatan itu diikuti Camat Kapuas Timur Syahripin, Kapolsek Kapuas Timur Iptu Siti Rabiatul Adawiah SH, Koramil 1011/03 Kapuas Timur, serta beberapa kepala desa dari tujuh desa dan beberapa anggota Brimob setempat.

“Latihan ini untuk mengetahui kesigapan armada yang tersebar di 7 desa dan 1 armada pemadam kecamatan, mencegah dan mewaspadai bahaya Karhutla serta bahaya kebakaran lainnya,” ujar Camat Kapuas Timur, Syahripin.

Kapolsek Kapuas Timur, Iptu Siti Rabiatul Adawiah SH menambahkan, bahwa kegiatan itu diikuti 9 unit Damkar dari 7 desa, dengan menurunkan peralatan yang dimiliki desa.

“Ini menunjukan kesiapan mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Siti Rabiatul Adawiah.

Sementara itu, terkait dengan kebutuhan selang panjang untuk penanganan Karhutla, BPBD Kapuas siap membantu di lapangan. Nanti akan ditempatkan personel di pos-pos rawan bencana kebakaran. (SAS)

Loading...

Baca Juga