oleh

Koorsda Rogojampi: Irigasi Pengairan Lancar Pertanian Sehat

SUARAMERDEKA.ID – Koordinator Sumber Daya Air Wilayah Kerja Rogojampi (Koorsda Rogojampi) dibawah Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Banyuwangi, meliputi Kecamatan Rogojampi, Songgon, Licin, Kabat dan Blimbingsari dengan empat Peta wilayah juru pengairan, diantaranya juru pengairan Rogojampi, juru Kertossri, juru Gombolirang dan juru Balak.

Ribuan hektar sawah di wilyah kerja Koorsda Rogojampi dengan masing masing juru pengairan bisa memberikan pelayanan saluran air irigasi kepada petani. Seperti juru Pengairan Rogojampi bisa membagi saluran air irigasi, untuk kehidupsn tanaman pertanian di peta kerja wilayah Rogojampi mencapai 1.231 hektar. Luas ini meliputi area pertanian desa di kecamatan Rogojampi dan Blimbingsari.

Peta wilayah juru pengairan Balak bisa mengairi 945 hektar. Meliputi area pertanian desa diKecamatan Songgon, Kabat, sebagian Rogojampi.

Peta wilayah juru Pengairan Kertosari bisa mengairi 1.125 hektar. Meliputi area pertanian desa di Kecamatan Licin, Kabat, Songgon. Dan peta wilayah juru Pengairan Gombolirang, mengairi 1.272 hektar. Area ini meliputi area pertanian desa di Kecamatan Kabat, Rogojampi.

Plt. Kepalan DPU Pengairan Banyuwangi, Ir. H. Guntur Priambodo, melaui Koorsda Wilayah Rogojampi, Eko, membenarkan jika Koorsda yang dinahkodainya bisa mengairi saluran irigasi ribuan hektar lahan pertanian meliputi empat peta wilyah kerja juru Pengairan.

“Saya memaksimalkan aktivitas saya sebagai Koorsda wilayah Rogojampi, bekerja bersama para jajaran karyawan kantor, dan dibantu dengan empat juru pengairan. Dan saya bersama karyawan, siap dan selalu siap, apabila terjadi hal terkait dengan saluran irigasi di wilayah kami. Untuk secepatnya turun lapangan, memberi solusi untuk terciptanya sikon kondusif. Satu satunya memberi ekstra pelayanan, irigasi pengairan lancar, petani sehat,” kata Eko, panggilan akrab Eko Susanto di kantornya, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut Eko , mrngatakan, Koorsda Rogojampi memiliki empat peta wilayah juru pangairan. Masing-masing, juru pengairan Rogojampi, Balak, Gombolirang dan Kertosari.

Dari empat peta wilayah juru pengairan itu ada sekitar sebelas Dam di peta Rogojampi. Diantaranya Dam Concrong, Larangan, Tamansari. Di Balak ada Dam Takir.dan Tembelang. Di Gombolirang ada Dam Racek dan Cerme, serta Ketosari ada Dam Tamansari, Taman Glugo, Gintungan, Sadang.

“Dari Dam itu kita bisa mengatur saluran irigasi untuk sudara kita para petani. Dengan membagi melalui pintu pintu air (PA-red),” tutup Eko. (BUT)

Loading...

Baca Juga