oleh

KPUD Supiori Kembali Tunda Pelaksanaan Debat Kandidat Putaran Kedua

SUARAMERDEKA.ID – KPUD Supiori kembali melakukan penundaan pelaksanaan debat kandidat putaran kedua calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori. Debat yang seharusnya digelar pada Senin (30/11/2020) di Gedung Kesenian jalan Korido Raya ini dimundurkan pada 2 Desember 2020.

Penundaan ini disampaikan berdasarkan undangan Nomor 207/PL.02.4-SD/9119/KPU-Kab/XI/2020 tertanggal 30 November 2020 dengan perihal Pemberitahuan.. Dalam isi surat disebutkan, Panelis (Penguji) tidak bisa hadir dikarekan tidak mendapat akses transportasi dari Jayapura ke Kabupaten Biak. Oleh sebab itu, pelaksanaan debat kandidat putaran kedua diundur pelaksanaannya pada hari Rabu tanggal 2 Desember 2020.

Para peserta tamu undangan calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori serta Tim Kualisi dan Tim Relawan menyempatkan hadir. Mereka mempertanyakan menyelesaikan permasalahan tertundanya pelaksanaan debat kandidat tersebut.

Pantauan suaramerdeka.id, masing-masing peserta debat kandidat mempertanyakan profesionalisme dan konsistensi Komisioner KPUD Supiori. Karena jadwal kampanye serta jadwal pelaksanaan debat kandidat sebelumnya sudah disepakati bersama.

Setelah penyampaian para peserta debat kandidat, KPUD Supiori mengambl sikap untuk rehat sejenak. Mereka mencari solusi terbaik bersama para peserta debat kandidat dan kapan dilaksanakan pelaksanaan debat kandidat. Akhirnya disepakati pelaksanaan debat kandidat pada tanggal 1 Desember pukul 19:00 WIT di Gedung Kesenian.

Ketua Relawan NAPI (Naomi Piet) Nomor urut 2 Musa Rumkabu menyebut KPUD  Supiori tidak konsisten dalam melaksanakan tahapan kampanye debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori. Pasalnya, jadwal debat kandidat awal direncana pada tanggal (21/11) di tunda ke tanggal (28/11), lalu di tunda lagi ke tanggal (30/11) pukul 10:00 WIT, Bahkan, Setelah itu waktu dimundurkan lagi pada pukul 16:00 WIT.

“Kemudian di tunda lagi ke tanggal 2 Desember.Hal ini Menunjukkan Bahwa KPUD Supiori tidak Memiliki perencanaan jadwal kampanye yang jelas,” tandas Musa Rumkabu.

Turut hadir dalam pelaksanaan debat kandidat, Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma, Wakapolres Supiori Kompol Aswani, Kabag Ops AKP Tedi Sesepu dan Personil Pengamanan Pemilukada serta Ketua Bawaslu Supiori. (OSB)

Loading...

Baca Juga