oleh

Lapas Banyuwangi Gelar Acara Puncak Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60

SUARAMERDEKA .ID – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur menggelar acara puncak dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke – 60 tahun 2024, Sabtu (18/05) pagi di Lapangan Blok Timur Lapas Kelas IIA Banyuwangi.

“Pemasyarakatan PASTI Berdampak” merupakan tema yang diusung dan memiliki makna Tata Nilai Kemenkumham yang mempresentasikan semangat Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif serta merupakan hasil kerja yang memiliki pengaruh kuat untuk mendatangkan hasil yang dirasakan langsung oleh penerima manfaat sehingga merasakan perubahan yang nyata.

Serangkaian acara telah dilalui, berawal dari upacara, bakti sosial, olahraga dan pelaksanaan Tusi Pemasyarakatan serta penghargaan. Dan kini telah sampailah ke acara puncak inti yaitu Panggung Hiburan bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIA Banyuwangi.

Baca Juga :  Fraksi PPP DPRD Banyuwangi Dukung Aksi Tolak Tambang Tumpang Pitu

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dipimpin dan diikuti langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banyuwangi Agus Wahono beserta jajaran dan beberapa stakeholder terkait. Dalam sambutannya Agus menerangkan bahwa kegiatan hiburan juga diperlukan dalam maksud penyegaran dan rekreasi bagi warga binaan.

“Tujuannya jelas, agar meningkatkan semangat dan kesabaran dalam menjalani masa pidana di lapas, serta mengurangi kejenuhan bagi warga binaan.” terang Agus.

“Dan juga agar tetap fokus mengikuti rangkaian pembinaan yang berada di lapas, baik kemandirian maupun kerohanian.” tambahnya.

Acara yang dibalut dengan gelaran musik karya warga binaan berkolaborasi dengan pegawai tersebut, diselingi oleh pembagian hadiah perlombaan bagi warga binaan yang dilaksanakan selama periode lomba berlangsung, juga diberikan hadiah juara I,II,III dalam lomba bidang olahraga, yaitu badminton, tenis meja dan bola voli.

Baca Juga :  Kader Pemuda Panca Marga Datangi PMI Jakarta Utara

“Pemberian hadiah ini dimaksudkan agar warga binaan lebih mendalami bakat dan skill teknik dari bidangnya masing – masing, karena pasti akan bermanfaat seterusnya.” tambah Agus lagi..

Agus berkomitmen bahwa keamanan dan ketertiban acara sudah diatur dan dilaksanakan sesuai SOP sebagaimana mestinya.

“Kami telah menghimbau kepada seluruh warga binaan yang terlibat dan mengikuti acara agar taat dan selalu mendengarkan instruksi para petugas lapas.

Tidak boleh adanya aksi rusuh dan gangguan keamanan ketertiban lainnya selama proses acara berlangsung maupun setalah acara, karena baik antara warga binaan dan petugas lapas telah bersama – sama menjaga Lapas Banyuwangi dalam kondisi yang aman dan kondusif.” pungkasnya.(BUT).

Loading...