oleh

Wahai Legislator Kapuas, Ingat Sumpah dan Janjimu, Opini Sastriono

Wahai Legislator Kapuas, Ingat Sumpah dan Janjimu. Oleh: Sastriono, Wartawan Madya.

Selamat bagi 40 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), masa jabatan tahun 2019-2024 yang baru saja dilantik pada Senin pagi (19/08/2019).

Suasana suka cita begitu kental terlihat usai diambail sumpah dan janji di depan pejabat elit Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas pagi itu. Wajah lama wakil rakyat (Legislator) segelintir masih terlihat mewarnai prosesi pelantikan, sedangkan wajah baru cukup mendominasi.

Wahai Legislator Kapuas, kalian sudah bersumpah dan berjanji. Sebagai wakil rakyat Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung (julukan Kabupaten Kapuas), jangan sampai lupa janjimu kepada rakyat dan sumpah serta janjimu kepada Tuhan.

Tantangan Kabupaten Kapuas ke depan sangat besar. Terutama hal anggaran Pemkab yang hingga kini kurang sehat untuk bisa berpacu dengan kabupaten lain. Bahkan, tahun 2019 ini terancam defisit.

Tetapi itu bukan urusan legislatif, melainkan eksekutif. Kata siapa? Justru itu juga menjadi pekerjaan rumah kalian wahai wakil rakyat. Karena peran legislatif itu selain sebagai kontrol juga memberikan masukan positif bagi eksekutif.

Dorong agar pendapatan daerah meningkat, sehingga daerah tidak terpaku kucuran dana dari pusat. Caranya? Rumuskan dengan eksekutif, perkuat aturan dan jalankan secara tegas, serta buat inovasi. Legislatif biasanya kan sering studi kemana-mana, ayo cari daerah lain sebagai tempat belajar. Kemudian sarankan itu bisa diterapkan di Kabupaten Kapuas. Ah, kalian pasti punya otak, makanya kalian kami pilih. Jadi pasti tahu caranya.

Wahai Legislator, kalian jangan terlena dan asyik mengurus kepentingan partaimu. Bangun dan ingat janji serta sumpahmu kepada rakyat.

Tegakkan kepalamu wakil rakyat. Dukung Pemkab Kapuas agar bisa mensejahterakan rakyat serta memacu pembangunan. Jangan kamu sibuk mencari proyek sana sini.

Jangan kamu hanya duduk diam dan mengantuk, juga jangan hanya keras mengkritik eksekutif tetapi tidak memberikan solusi.

Kalian kami pilih agar semua bisa berjalan seirama membangun Kabupaten Kapuas, membangun Provinsi Kalteng, membangun Indonesia yang kita cintai supaya lebih baik lagi. Masih ingat kan sumpah dan janjimu?

Loading...

Baca Juga