oleh

Muslimah GPI: Al-Qur’an Menempatkan Perempuan Pada Posisi Terhormat

SUARAMERDEKA.ID – Pengurus Daerah (PD) Muslimah GPI (Gerakan Pemuda Islam) Kota Ambon menggelar diskusi publik dengan tema “Rekonstruksi Peran dan Hak Perempuan Dalam Tantangan Zaman”. Dalam Al-Quran, Islam mendudukkan perempuan pada posisi terhormat.

Diskusi publik ini digelar bersamaan hari Pahlawan di Markas GPI Maluku jalan Samratulangi Kecamatan Sirimau Ambon. Hadir sebagai narasumber Koordinator JAKFI Maluku yang juga Tenaga Kerja pada FIKT IAIN Ambon Nur Ibrahim, dipandu oleh anggota PW Muslimah GPI Maluku Sanriyani Rettob.

“Al-Qur’an memposisikan perempuan pada posisi yang terhormat. Melindungi hak-haknya, menjelaskan peran dan kewajibannya, sekaligus memuliakan kedudukannya. Hal ini menunjukkan bahwa Islam telah memberikan posisi yang mulia bagi perempuan,” kata Ketua Muslimah Pimpinan Daerah GPI Kota Ambon, Jubaida Rumbalifar kepada awak media usai diskusi.

Baca Juga :  GPI Kota Ambon Bentengi Kader Dengan Menguatkan Aqidah Islam

Ia menambahkan, pembangunan negara tidak bisa dipungkiri dengan keberadaan perempuan. Dari masa ke masa, peran perempuan memberikan energi positif bagi perubahan sosial. Jubaida menyebut, kesetaraan gender menjadi sorotan dalam rangka memajukan peran perempuan dalam pembangunan. Hal itu dapat dilihat dari kemampuan secara intelektual.

Jubaida menyebut, banyak pahlawan perempuan yang turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan. Termasuk juga perempuan yang memperjuangkan memerdekakan perempuan dalam mendapatkan hak-haknya.

“Perempuan harus mampu dan jadilah seperti Dewi Sartika, perintis pendidikan wanita, Pahlawan Nasional Dita Indah Sari, pejuang kaum buruh Emmy Hafild, aktivis lingkungan Gadis Arivia, aktivis feminis Johanna Masdani, pejuang kemerdekaan Indonesia Kartini, pejuang persamaan hak Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, pejuang perang Pattimura Suciwati, pejuang Hak Asasi Manusia (HAM),” tutup Ketua Muslimah GPI kota Ambon. (AMN)

Loading...

Baca Juga