oleh

PA Kelas IIb Piru Gelar Sidang Itsbat Nikah Keliling di KUA Huamual

SUARAMERDEKA.ID – Pengadilan Agama (PA) Kelas IIb Piru Dataran Hunipopu, yang bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat.

Melalui unit teknis Kantor Urusan Agama Kecamatan Huamual, menggelar Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Keliling yang, bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Huamual, Kamis (16/09/2021).

Sebelum pelaksanaan sidang itsbat nikah Kepala KUA Kecamatan Huamual Iksan Warang, S. Ag. memberikan penjelasan singkat dengan sasaran pasangan suami istri muslim tidak/kurang mampu yang pernikahannya belum tercatat secara resmi sesuai aturan kenegaraan.

‘’Itsbat nikah ditujukan untuk mengesahkan pasangan suami istri yang sudah menikah secara agama namun belum tercatat di KUA setempat dan sekali lagi tidak dipungut biaya’’ lanjut Iksan.

Baca Juga :  Dewan Adat Distrik Konhir Tolak Kepala Distrik Bukan Anak Asli Konhir

‘’Kami bukan menikahkan kembali bapak ibu tetapi hanya mengesahkan setelah semua persyaratan yang diminta dapat bapak ibu penuhi dan terbukti keabsahannya,’’ tegas Iksan.

Iksan menambahkan bahwa proses sidang itsbat nikah yang dilaksanakan PA. Peserta sidang tetap membayar admistrasi persidangan kepada PA, namun dari Kementeria Agama lewat KUA pemberian buku nikah tetap gratis.

‘’Pengadilan Agama dan Kantor Urusan Agama adalah dua instansi dengan tugas dan fungsi berbeda, mohon bapak ibu  dapat memahami penjelasan saya agar tidak salah persepsi,’’ imbuh Iksan Warang.

Pelaksanaan sidang itsbat nikah berjalan lancar dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid 19. (SMS)

Loading...

Baca Juga