oleh

Pasar Takjil (Pasti) Ramadhan, Dilounching Lurah Pakis

SUARAMERDEKA.ID– Pemkab Banyuwangi memfasilitasi dan mendukung pasar takjil (Pasti) Ramadan di 25 kecamatan se-Kabupaten. Tidak hanya mendorong geliat perekonomian warga, kebijakan memperbolehkan pasar takjil itu juga bermanfaat mempermudah pengawasan protokol kesehatan (prokes) serta higienitas makanan yang dijajakan para pelaku usaha mikro.

Kelurahan Pakis, salah satu dari 18 Kelurahan di Kecamatan Banyuwangi, juga mengikuti arahan Bupati dan Wabup terkait pasar takjil (Pasti) tingkat kelurahan.

Stand pasar takjil (pasti) Kelurahan Pakis terletak di bilangan jalan, Cendrawasih, lingkungan Duren, dilounching Lurah pakis , Kadarisman, di hadiri tiga pilar, Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tetlihat Kabid Linmas Sat. Pol. PP, Agus Wahyudi, dengan diikuti lebih kurang 15 peserta kuliner jajanan Ramadhan, Sabtu (17/4/2021), pukul 15.00 WIB.

Kepala Kelurahan Pakis, Kadarisman, dalam sambutan perdana pasar takjil Ramadhan mengatakan terima kasih atas prakarsa Bupati Ipuk Fientiandani dan Wabup Sugirah dalam mengangkat usaha mikro untuk menjajakan usahanya melalui pasar takjil di 25 kecamatan serta di beberapa desa dan kelurahan di bumi Blambangan.

” Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala keoptimisan lingkungan Duren yang gigih untuk membuktikan adanya pasar takjil Ramadhan terwujud, dengan kerja keras panitia lingkungan Duren.” kata Lurah Pakis, Kadarisman, akrab disapa Pak. Boy.

Panitia jajanan UMKM, di pasar takjil Ramadhan, Kelurahan Pakis, mengatakan kalau berjalannya ini tidak lepas dari unsur pemuda setempat. Serta peserta yg di ikuti sebanyak 15 UMKM, untuk menu utama takjil Ramadhan dan semua kebutuhan sehari hari.

” Iya, kami panitia menghimbau pada segenap anggota kuliner UMKM tetep menggunakan syarat protokol kesehatan (Prokes), bagi anggota UMKM maupun pembeli, sebagaimana anjuran pemerintah. Kegiatan ini di lounching pak Lurah Pakis, Sabtu (17/4/301) pukul 15. 00 WIB. Tetapi tehnis pelaksanakan hari berikutnya setiap hari mulai Pukul 14.00 s/d 17.00 WIB, menjelang magrib. Lokasi seputaran jalan cendrawasih lingkungan duren RW1 dan 2. Berakhir sampai 8 Mei.” tutur panitia yang tidak menyebutkan namanya.

Bupati Ipuk Fiestiandani saat meluncurkan Pasar Takjil (Pasti) Ramadan di Jalan Brigjen Katamso, Banyuwangi, Di tempat berbeda, Wabup Sugirah juga meresmikan pasar takjil di Desa Kebaman, Kecamatan Srono beberapa waktu lalu.

Bupati Ipuk berpesan, pasar takjil (pasti) ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Banyuwangi.

“Pandemi Covid-19 belum berlalu. Tapi, kami sadari, ekonomi rakyat harus tetap jalan. Untuk itu, saya mengizinkan pasar takjil beroperasi, namun protokol kesehatan tetap harus dikawal. Pengunjung dan penjual harus disiplin pakai masker, jaga jarak, maupun sediakan hand sanitizer,” pesan Ipuk. (BUT).

Loading...

Baca Juga