oleh

Polres Banyuwangi Berubah Menjadi Polresta Banyuwangi

SUARAMERDEKA.ID – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Luki Hermawan, Senin (25/11/2019) resmi melantik Kapolresta dan mengukuhkan Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi.

Upacara pelantikan serah terima jabatan, di halaman Mapolresta Banyuwangi Jalan Brawijaya, Kapolda Jatim melantik AKBP. Arman Asmara Syarifudin menjadi Kapolresta, menggantikan AKBP. Taufik Herdiansyah Zaenardi, kini menempati pos barunya sebagai Wadir Reskrim di Polda Jatim.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan Kapolresta Banyuwangi merupakan upacara istimewa. Pasalnya selain Kapolda dan Waka Polda Jatim hadir, juga dihadiri jajaran kompeten Polda Jatim dan jajaran Kapolres, Kapolresta se wilayah Jawa Timur. Hadir pula Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi serta di hadiri Forpimda Banguwangi.

Polres Banyuwangi Berubah Menjadi Polresta Banyuwangi
Kapolres Lama AKBP. Taupik. HZ. Dan Kapolresta Baru. AKBP. Arman Asmara. S.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan dalam sambutanya mengatakan Polres Banyuwangi telah resmi naik eselon satu tigkat.  Polres Banyuwangi secara resmi pula dikukuhkan menjadi Polresta Banyuwangi.

“Dengan perubahan type Polres menjadi Polresta, otomatis tugas kapolresta yang baru semakin berat. Apalagi destinasi wisata di Banyuwangi luar biasa, bukan turis lokal saja yang datang kesini melainkan turis manca negara. Ini menjadi prioritas pihak keamanan terutama TNI / Polri,” tegas Luky Hermawan.

Usai melantik Kapolresta, dan mengukuhkan, Irjen Pol Luki Hermawan bersama Forpimda Banyuwangi, MUI Banyuwangu bersama-sama menekan tombol sebagai tanda pengukuhan Polresta Banyuwangi. Selain itu, dari pelantikan dan pengukuhan Polres menjadi Polresta, juga akan terjadi pergeseran tongkat komando. Yang semula dipegang AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi kepada AKBP Arman Asmara Syaifudin selaku Kapolresta Banyuwangi.

“Saat ini Arman yang resmi menjabat Kapolresta Banyuwangi masih berpangkat AKBP, diperkirakan bakal naik satu tingkat utuk menyandang Komisaris Besar (Kombes) tahun 2020 mendatang. Karena dari polres ganti polresta, pangkat dan eselon dengan sendirinya juga akan naik satu tingkat, dari AKBP atau 2B tiga menjadi 2B dua atau Kombes,” jelasnya.

Polres Banyuwangi Berubah Menjadi Polresta Banyuwangi
Kapolda, Forpimda dan MUI Banyuwangi, menekan tombol tanda Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi.

Lanjut Luki, di seluruh Indonesia ada 14 kapolres yang statusnya berubah jadi Polresta, dua diantaranya di Polda Jatim. Diantaranya, Polresta Banyuwangi dan Polresta Malang Kota. Dengan perubahan status otomatis juga akan berpengaruh terhadap jabatan sebelumnya. Jabatan Kasat yang dulu AKP, sekarang menjadi Kompol dan seterusnya.

“Serta saya titip kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Agar supaya terus bersinergi, dan kedepannya. Kemitraan masyarakat Banyuwangi dan Polri semakin harmonis dan lebih baik lagi,” tegas Luki. (BUT)

Loading...

Baca Juga